Masuki Musim Penghujan, Ini 2 Instruksi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Antara ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 16:14 WIB
Masuki Musim Penghujan, Ini 2 Instruksi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. (Foto: dok iNews)

MAKASSAR, iNews.id – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof HM Nurdin Abdullah menginstruksikan dua hal yang dianggap perlu saat memasuki musim penghujan seperti sekarang ini.

Pertama, kepada seluruh petugas di bidang lingkungan hidup untuk segera menanam pohon. Kedua, mengantisipasi curah hujan tinggi yang berpotensi mengakibatkan banjir.

“Jadi ada dua yang harus dikerjakan. Pertama antisipasi curah hujan yang tinggi. Dan kedua, semua yang bekerja di bidang lingkungan saatnya untuk menanam," kata Nurdin Abdullah, Sabtu (4/1/2020).

BACA JUGA: Cek Kesiapan Tanggap Bencana, Wagub Sulsel Minta BPBD Mitigasi Daerah Rawan

Gubernur mengungkapkan, untuk penanaman pohon di saat cuaca lembab sebagai upaya konservasi lingkungan yang semakin kritis. Utamanya di daerah sekitar sungai.

“Lingkungan yang semakin kritis ini bisa pulih dengan gerakan menanam dan konservasi. Bagaimana pun juga kita harus ingatkan masyarakat, mungkin tidak sebanding hasil yang dia terima dengan malapetaka yang terjadi,” katanya.

Guru besar Kehutanan Universitas Hasanuddin Makassar ini berharap, penanaman pohon juga dapat dilakukan melalui program organisasi lingkungan maupun gerakan individu.

“Sungai menjadi dangkal karena sedimentasi. Bayangkan kalau debit air naik dan sungai dangkal. Berarti kapasitas sungai melebihi dari kemampuan, itulah menjadi banjir,” tutur gubernur sulsel tersebut.


Editor : Donald Karouw