10 Lagu Daerah Sulawesi Selatan, Nomor 6 Paling Populer

Nani Suherni · Selasa, 30 Agustus 2022 - 14:26:00 WITA
10 Lagu Daerah Sulawesi Selatan, Nomor 6 Paling Populer
Lagu Daerah Sulawesi Selatan, Todok Kadadianku

MAKASSAR, iNews.id  - Lagu daerah Sulawesi Selatan akan menjadi pembahasan kali ini. Indonesia yang memiliki 37 provinsi ini tentunya kaya akan lagu daerah.

Sulawesi Selatan merupakan provinsi yang letaknya di pulau Sulawesi bagian Selatan. Seperti provinsi pada umumnya, Sulawesi Selatan diisi oleh agama, ras, suku dan bahasa yang berbeda.

Dari keberagama itu tentu menciptakan toleransi dan dijadikan sebagai daerah multikultural. Salah satunya terciptanya lagu daerah Sulawesi Selatan.

Berikut Lagu Daerah Sulawesi Selatan;

1.  Anak Kukang

Bagi Anda yang sekilas mendengar lagu ini pasti langsung bisa menebak jika makna dari lagu ini sedih. Lagu yang dibawakan secara mendayu-dayu ini rupanya menceritakan kesedihan seorang anak yang hidup sebatang kara.

Hingga saat ini belum diketahui pasti siapa pencipta dari lagu ini. Namun, dipastikan lagu ini sudah dinyanyikan sejak zaman dulu yang diturunkan ke anak cucu.

2. Tope Gugu

Lagu daerah Sulawesi Selatan selanjutnya yakni Tope Gugu. Rupanya lagu ini sering tampil dalam festival budaya di Indonesia bahkan di luar negeri.

Diceritakan bahwa lagu mengajak pendengarnya tentang semangat perjuangan. Bahkan, hal ini sudah dilakukan oleh para pahlawan sejak zaman dahulu kala.  Sama seperti lagu Anak Kukang, lagu ini juga tidak diketahui penciptanya. Namun, ini sudah populer dan menjadi budaya daerah.

3. Lagu Tondok Kadadiangku

Lagu ini menjadi bukti jika hampir seluruh aktivitas warga dipengaruhi oleh adat dan istiadat daerah itu sendiri. Lagu ini juga sudah banyak dicover musisi di YouTube. 

4. Ma Rencong

Lagu daerah Sulawesi Selatan selanjutnya berjudul Ma Rencong yang berasal dari Makassar. Cukup unik, lagu ini mengisahkan tentang sebuah khayalan rakyat Sulsel yang cukup tinggi dimana disebutkan mereka sudah menginjakkan kaki ke bulan.

5. Kelong Batti Batti

Lirik-lirik dalam lagu ini mengandung pesan moral, nasihat dan dijadikan alat komunikasi antara pasangan pria dan wanita. Lagu ini rupanya tercipta dari satu kesenian. Karya seni ini berbentuk larik-larik kelompok kata dan dibawakan dengan bernyanyi atau bersenandung. Sedangkan Batti’-batti’ sendiri diambil dari kata ‘ambatti’ yang berarti memetik.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsSulsel di Google News

Bagikan Artikel: