10 Kerajaan Islam di Indonesia , Nomor 8 Runtuh karena Perang Saudara

Hanna Ratih Aninditya · Senin, 10 Oktober 2022 - 21:46:00 WITA
10 Kerajaan Islam di Indonesia , Nomor 8 Runtuh karena Perang Saudara
Kerajaan Islam di Indonesia tersebar dari Pulau Jawa hingga sampai ke Kepulauan Maluku. (Foto:ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kerajaan Islam di Indonesia ini berkembang tidak lepas dengan berkembangnya agama Islam di Indonesia. Islam adalah salah satu agama yang memiliki peranan penting dalam perjalanan sejarah Indonesia.

Kerajaan Islam di Indonesia letaknya tersebar mulai dari Pulau Jawa hingga sampai ke kepulauan Maluku. Kerajaan tersebut memiliki keunikan dan keberagamannya masing-masing. 

Lalu apa saja kerajaan Islam di Indonesia? 

1. Kerajaan Perlak (840 M – 1292 M)

Kerajaan Perlak atau yang biasa dikenal dengan Kesultanan Peureuak ini menjadi salah satu pusat dari perekonomian yang terdapat di Aceh. Banyaknya pedagang dari berbagai penjuru dimulai dari Gujarat, Persia, Cina, India, sampai Arab yang datang untuk berkunjung. 

Kayu perlak yang merupakan bahan baku membuat kapal laut menjadi komoditas unggulan dari wilayah Peureulak.

Orang pertama yang mendirikan kerajaan Perlak adalah Saiyid Abdul Aziz. Berada di bawah kekuasaan Muhammad Amir Syah kerajaan ini akhirnya berhenti dari masa kejayaannya. Kemudian putrinya menikah dengan tokoh penting dari kerajaan Samudera Pasai, Muhammad Amir Syah.

Batu nisan Raja Benoa yang terletak di Sungai Trenggulon adalah peninggalan dari kerajaan Perlak yang populer. Benoa ialah negara yang masih menjadi bagian dari Kerajaan Perlak. 

Peninggalan Kerajaan Perlak yang paling populer adalah batu nisan Raja Benoa di Sungai Trenggulon. Benoa sendiri merupakan negara bagian Kerajaan Perlak. 

Makam Benoa diperkirakan dibuat pada kurang lebih abad ke-11 Masehi. Ditemukan juga mata uang yang di dalamnnya tediri dari dirham (emas), kupang (perak), serta tembaga ataupun kuningan. 

Ada pula stempel kerajaan yang bertuliskan aksara Arab dengan tulisan ‘Al Wasiq Billah Kerajaan Negeri Bendahara Sanah 512’ yang memiliki arti Kerajaan Perlak.

2. Kerajaan Ternate  (1257 M)

Kerajaan Gapi atau yang biasa dikenal dengan Kerajaan Ternate ini berlokasi di Maluku Utara. Didirikan oleh Sultan Marhum kerajaan ini pernah menjadi pusat rempah-rempah pada masanya. 

Kerajaan Ternate berhasil meraih masa kejayaannya dengan kekuatan militer yang besar. Saat itu kerajaan Ternate berada di bawah kekuasaan Sultan Baabullah. 

Peninggalannya yang banyak ditemukan adalah Masjid Sultan Ternate, Makam Sultan Baabullah, Benteng Tolukko, serta Keraton milik Kesultanan Ternate.

Editor : Candra Setia Budi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsSulsel di Google News

Bagikan Artikel: