Kapolres Enrekang Buka Pelatihan Tracer Covid-19 bagi Bhabinkamtibmas

Andi Mohammad Ikhbal ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 21:30:00 WITA
Kapolres Enrekang Buka Pelatihan Tracer Covid-19 bagi Bhabinkamtibmas
Polres Enrekang menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi pemeriksaan, pelacakan, karantina dan isolasi untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi tracer tingkat Kabupaten Enrekang. (Foto: Istimewa)

ENREKANG, iNews.id - Kepolisian Resor (Polres) Enrekang menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi pemeriksaan, pelacakan, karantina dan isolasi untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi tracer tingkat Kabupaten Enrekang. Kegiatan ini diikuti para Bhabinkamtibmas.

Pelatihan di Aula Wirapratama Mapolres Enrekang, Selasa (8/6/2021) tersebut diharapkan bisa membekali Bhabinkamtibmas sebagai petugas pelacak atau tracer. Dengan begitu, mereka mampu melakukan deteksi dini dan sosialisasi pencegahan Covid-19.

Kegiatan tersebut dipimpin Kapolres Enrekang AKBP Andi Sinjaya didampingi Kepala Dinas Kabupaten Enrekang Sutrisno, Kasat Binmas Polres Enrekang AKP Yulianus Te'dang dan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Haris Amin.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Enrekang Sutrisno mengatakan, Enrekang sangat ketat menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Pengetatan prokes ini juga atas atas dukungan dan bantuan Kapolres Enrekang, seperti pada saat pelaksanaan Operasi Ketupat di posko penyekatan. 

"Kita tidak tahu kapan berakhirnya Covid-19. Setelah Hari Raya Idul Fitri, Covid-19 tiba-tiba memuncak lagi, bukan hanya di Enrekang, tapi di seluruh Indonesia," kata Sutrisno. 

Dia juga berterima kasih karena Polres Enrekang telah membantu mengantisipasi penularan Covid-19 di daerah itu. Para Bhabinkamtibmas yang mengikuti bimtek dan sosialisasi itu diharapkan bisa membantu para tenaga kesehatan melacak penyebaran Covid-19 di lapangan.

"Kami sangat berterima kasih yang sebesar-sebesarnya atas bantuan Polri dalam melaksanakan tugas tersebut di wilayah kerja masing-masing," katanya.

Sementara Kapolres Enrekang yang membuka pelatihan tersebut mengatakan, pelatihan itu bertujuan agar para Bhabinkamtibmas bisa  membantu tenaga kesehatan di masing-masing desa melacak pasien yang terpapar Covid-19. 

"Rekan-rekan Bhabinkamtibmas adalah orang pilihan, orang terbaik. Saat ini saya bisa katakan popularitas dalam sedang puncak-puncaknya. Kita menjalani misi kemanusiaan karena saudara kita dari tenaga kesehatan banyak yang menjadi korban. Ini bernilai ibadah," katanya.

Dia meminta para Bhabinkamtibmas menyadari bahwa tuga mereka merupakan tugas yang mulia. Masyarakat saat ini sangat berharap kepada para Bhabinkamtibmas, TNI-Polri dan tenaga kesehatan. 

"Pada pagi hari ini kita melakukan pelatihan. Kalau ada yang kurang paham, agar ditanyakan SOP penanganannya untuk menjadi tracer," kata AKBP Andi Sinjaya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2