Kapal Pelni untuk Isolasi Apung Pasien Covid di Makassar Tiba Rabu Lusa

Antara · Senin, 12 Juli 2021 - 18:05:00 WITA
Kapal Pelni untuk Isolasi Apung Pasien Covid di Makassar Tiba Rabu Lusa
Ilustrasi kapal Pelni. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - PT Pelni dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan satu unit kapal untuk kebutuhan isolasi pasien Covid-19 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kapal tersebut datang pada Rabu (14/7/2021).

Wali Kota Makassar, Ramdhan (Danny) Pomanto mengatakan, daya tampung kapal berjumlah sekitar 900-an tempat tidur. Kapal tersebut tidak difungsikan sementara akibat pandemi.

"Tanggal 14 nanti kita akan mengunjungi kapalnya, nanti kita akan menyusun prosedur tetap isolasi mandiri kerja sama Kemenhub, PT Pelni, dan Pemkot Makassar," kata Danny Pomanto di Kota Makassar, Sulsel, Senin (12/7/2021).

Rencananya kapal yang dijadikan isolasi apung terpadu ini akan ditempatkan di sekitar Pantai Losari-CPI, untuk memudahkan pengawasan dan pendistribusian logistik serta obat-obatan bagi pasien yang berada di kapal.

Menurut Danny, pertimbangannya memanfaatkan kapal Pelni ini karena daya tampung kapal yang memiliki ratusan tempat tidur. Lalu isolasi mandirinya bisa terukur, karena jauh dari permukiman warga.

"Lalu isolasi mandirinya bisa terukur, betul-betul terisolasi. Jauh dari jangkauan pemukiman warga," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mendukung usulan Danny Pomanto untuk memanfaatkan kapal Pelni sebagai tempat karantina. Ini akan menjadi tempat isolasi apung pertama di Indonesia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal