Ini Alasan Danny Pomanto Minta Kapal Pelni Jadi Tempat Isolasi Apung

Antara · Senin, 12 Juli 2021 - 14:25:00 WITA
Ini Alasan Danny Pomanto Minta Kapal Pelni Jadi Tempat Isolasi Apung
Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat rapat penanganan Covid-19. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Wali Kota Makassar, Ramdhan (Danny) Pomanto, akan memanfaatkan kapal Pelni sebagai tempat isolasi apung pasien Covid-19. Usulan ini mempertimbangkan daya tampung kapal yang memiliki ratusan tempat tidur.

Danny Pomanto mengatakan, isolasi di hotel daya tampungnya hanya sekitar 100-an kamar. Sementara kapal Pelni bisa mencapai 900-an tempat tidur.

"Lalu isolasi mandirinya bisa terukur, betul-betul terisolasi. Jauh dari jangkauan pemukiman warga," kata Danny Pomanto di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (11/7/2021).

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mendukung usulan Danny Pomanto untuk memanfaatkan kapal Pelni sebagai tempat karantina. Ini akan menjadi tempat isolasi apung pertama di Indonesia.

"Tadi saya meeting zoom dengan pak Dirjen Perhubungan Laut dan sekaligus menyampaikan usulan mengenai isolasi terapung itu, dan Alhamdulillah, Pak Menteri mendukung penuh," ujarnya.

Menurut Danny Pomanto, tempat isolasi apung skala kota ini merupakan konsep yang pertama di Indonesia. Bahkan, dia menilai, mungkin belum pernah dilakukan di kota-kota besar lainnya di luar negeri.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Menhub, beliau mendukung sepenuhnya. Atas nama pemerintah dan warga Kota Makassar kami menyampaikan terima kasih atas sambutan positif Bapak Menhub," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal