Kades Dituduh Kentit Dana BLT, Kantor Desa di Sidrap Dibakar OTK

Ichsan Anshari ยท Sabtu, 22 Mei 2021 - 15:55:00 WITA
Kades Dituduh Kentit Dana BLT, Kantor Desa di Sidrap Dibakar OTK
Polisi memeriksa lokasi kantor desa di Sidrap dibakar OTK. Foto: Istimewa

SIDRAP, iNews.id - Kantor Desa Padangloang Alau, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) dibakar orang tidak dikenal (OTK), pada Sabtu (22/5/2021) dini hari. Aksi teror ini sudah beberapa kali terjadi karena Kepala Desa (Kades) Padang Lampe, Muh Bais dituduh mengentit dana bantuan langsung tunai (BLT).

Salah seorang saksi, Yusuf, melihat ada beberapa orang mengendarai motor dan beberapa orang lagi melompat pagar, sebelum mengetahui adanya ruang di kantor desa dibakar. Beruntung api berhasil dipadamkan sehingga bangunan tidak mengalami banyak kerusakan.  

"Sekitar jam 00.00 Wita lewat kejadiannya," kata Yusuf.

Aksi teror di kawasan tersebut sudah empat kali terjadi, Muh Bais mengatakan, salah satu jendela kantor staf nya pernah dipecahkan OTK. Bahkan beberapa kali diketahui ada orang yang melempar botol berisi oli dan solar.

"Ini sudah kali yang keempat," kata Bais.

Menurutnya, aksi teror tersebut dilakukan karena adanya kecurigaan warga bahwa dirinya mengambil uang BLT sebesar Rp50 ribu per orang. Namun ketika diperiksa polisi, penyidik menilai dirinya bukan seperti yang dituduhkan itu.

"Dicurigai saya mengambil BLT, ketika dilapor polisi ternyata saya tidak seperti itu," tutur Bais.

Dia menilai, yang menilap uang BLT itu adalah kepala dusun. Sebab uang tersebut disalurkan kepada kepala dusun sebelum didistribusikan kepada warga.

"Kepala dusun yang mengambil itu," katanya.

Pihak desa telah melaporkan kejadian ini kepada pihak polisi yang tengah melakukan pengusutan. Sedangkan kerugian yang dialami desa ditaksir mencapai puluhan juta.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: