Kabar Viral Jembatan Kembar di Gowa Nyaris Roboh Ternyata Hoaks

Sindonews, Herni Amir ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 12:15 WIB
Kabar Viral Jembatan Kembar di Gowa Nyaris Roboh Ternyata Hoaks
Jembatan kembar di Gowa diisukan terancam roboh. (Foto: Istimewa).

GOWA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Gowa memastikan jembatan kembar dalam kondisi normal. Informasi bahwa ikon daerah tersebut terancam roboh karena terjangan arus sungai, ternyata hanya kabar hoaks.

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa menyebut, kabar ini tersebar karena video viral saat jembatan kembar diterjang arus deras Sungai Jeneberang.

"Dari hasil penelusuran. Ternyata itu video lama pada 2019 saat terjadi banjir di Kabupaten Gowa," kata Kepala Dinas Kominfo, Arifuddin Saeni, saat dikonfirmasi di Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu (15/1/2020).

BACA JUGA: Jembatan di Jeneponto Putus akibat Hujan Deras, Warga 2 Desa Terisolasi

Dia menyayangkan viralnya video tersebut di berbagai platform media sosial (medsos), mulai dari Youtube hingga grup Whatsapp. Rekaman berdurasi 01.09 menit itu dipastikan hoaks.

Masyarakat diminta bijak dengan tidak malah meneruskan atau menyebarluaskan kabar bohong yang bisa memicu kepanikan. Jembatan kembar juga sudah dicek, dan saat ini terpantau baik-baik saja.

"Tidak ada masalah di Jembatan Kambar Alhamdulillah aman-aman saja," ujar dia.

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Gowa-Takalar Ambruk Diterjang Deras Arus Sungai

Sementara itu Camat Pallangga, Taufik M Akib mengatakan, sudah mengecek kondisi jembatan yang merupakan akses utama penghubung Gowa dengan Kota Makassar itu.

"Tidak ada tanda-tanda posisinya bergeser, itu sepertinya video tahun lalu saat terjadi hujan dan angin kencang," terangnya.

Taufik menjelaskan, bila memang terjadi masalah dengan jembatan tersebut, dia pasti sudah lebih dulu mendapat laporan dari jajarannya. Namun sejauh ini, belum ada kabar yang masuk apalagi laporan resmi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal