Jambret Kalung Emas, Anggota Komplotan Begal di Makassar Ditembak Polisi

Leo Muhammad Nur · Rabu, 22 Juli 2020 - 12:40:00 WITA
Jambret Kalung Emas, Anggota Komplotan Begal di Makassar Ditembak Polisi
Aksi jambret di Makassar terekam CCTV. (Foto: iNews/Leo M Nur).

MAKASSAR, iNews.id - Polisi menangkap seorang anggota komplotan begal yang kerap beraksi di wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pelaku terpaksa dilumpuhkan karena melawan petugas dengan senjata tajam.

Pria bernama Ilham Syahputra (35) diamankan tim Ghost Dermaga Polres Pelabuhuan Makassar. Dia merupakan buronan polisi atas kasus penjambretan kalung emas warga pada Mei 2020 lalu.

Aksinya pun viral setelah terekam kamera CCTV. Namun pelaku sempat bersembunyi selama dua bulan terakhir hingga akhirnya diamankan di Jalan Sulawesi, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

"Pelaku ini komplotan begal yang kerap beraksi," kata Kanit Ghost Dermaga Polres Pelabuhan, Ipda Fikri Alwaid, di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (21/7/2020) malam.

Menurut dia, pelaku terpaksa dilumpuhkan karena berusaha melawan petugas dengan senjata tajam. Sebelum menjalani pemeriksaan di Mapolres Pelabuhan Makassar, Ilham mendapat penanganan medis di RS Bhayangkara.

"Saat ini pelaku kami amankan untuk menjalani proses hukum," ujar dia.

Polisi juga mengamankan senjata tajam yang dibawa pelaku dan motor yang dipakai untuk beraksi. Ilham kini dijerat pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana 12 tahun penjara.

Sementara petugas masih mencari rekan-rekan pelaku yang diduga anggota komplotan begal di Kota Makassar. Semua identitas dan keberadaan para pelaku kriminal ini sudah dikantongi polisi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal