Hasil Survei di Sulsel, Dari 10 Orang Keluar Rumah Hanya 3 yang Pakai Masker

Antara ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 14:50 WIB
Hasil Survei di Sulsel, Dari 10 Orang Keluar Rumah Hanya 3 yang Pakai Masker
Warga Makassar palang jalan tolak rapid test. (Foto: iNews/Andi Deri)

MAKASSAR, iNews.id - Tingkat kepatuhan masyrakat di Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk menerapkan protokol kesehatan sangat rendah. Berdasarkan hasil survei, dari 10 orang keluar rumah, hanya tiga yang memakai masker.

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Unhas Makassar, Prof Ridwan Amiruddin mengatakan, tingkat kedisiplinan dan kepatuhan warga hanya 35 persen. Tingkat kesadaran yang minim ini membuat potensi penularan virus corona di Sulsel terus meningkat.

"Kalau ada 10 orang keluar, hanya 3 orang bermasker. Itu artinya 7 orang menjadi potensi tertular," kata Ridwan di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (1/7/2020).

Padahal, kunci penanganan Covid-19 ini kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat. Mereka harus turut aktif terlibat agar krisis kesehatan di daerah tersebut bisa segera ditanggulangi.

"Bagaimana mengajak masyarakat keluar dari krisis ini. Pendekatan yang ada saat ini dari atas ke bawah, harus dibalik. Justru perlu akselerasi penguatan di masyarakat," katanya.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemologi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini menjelaskan dari studi epidemologi, COVID-19 dapat dibaca dari tiga poin penting. Yakni, waktu, lokasi dan orang.

Adapun daerah dengan kasus tertinggi, kata dia, berada di tujuh lokasi. Di antaranya Kota Makassar, Kabupaten Maros, Talakar, Gowa, Jeneponto, Bulukumba dan Luwu Timur.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal