Hari Ini Pendaftaran PPDB 2020 Jalur Zonasi Tingkat SMA Sederajat Dibuka

Sindonews, Syachrul Arsyad ยท Senin, 29 Juni 2020 - 08:58 WIB
Hari Ini Pendaftaran PPDB 2020 Jalur Zonasi Tingkat SMA Sederajat Dibuka
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 jalur zonasi untuk tingkat SMA/SMK/SLB, mulai dibuka hari ini Senin (29/06/2020). Foto : Ilustrasi

MAKASSAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 jalur zonasi untuk tingkat SMA/SMK/SLB, hari ini Senin (29/6/2020). Pendaftaran jalur zonasi ini berlangsung selama lima hari hingga Jumat (3/7/2020) nanti.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Basri mengatakan, sebelum membuka jalur zonasi, PPDB tingkat Sulsel sudah melalui dua tahap pendaftaran. Tahap pertama membuka jalur boarding school. Kemudian, disusul jalur nonzonasi, di antaranya terdiri atas jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, prestasi akademik dan nonakademik.

"Sekolah bersama panitia provinsi telah menghitung dan memverifikasi berapa sisa kuota di jalur zonasi yang mesti diisi. Karena hari Senin (hari ini) kita sudah masuk pendaftaran jalur zonasi," kata Basri.

Basri mengaku, hingga saat ini proses PPDB masih bisa tertangani dengan baik. Segala keluhan orang tua calon siswa pada dua tahapan pendaftaran sebelumnya bisa diselesaikan masing-masing sekolah.

"Alhamdulillah, kita susah dua minggu jalan PPDB masih bisa diatasi, dikendalikan. Kalau ada problem, ada pertanyaan masyarakat, masih bisa diberikan penjelasan oleh tiap sekolah," kata Basri.

Basri mengatakan, calon siswa yang belum lolos pada jalur pendaftaran yang dibuka sebelumnya masih punya kesempatan. Sebab, masih akan ada beberapa jalur pendaftaran yang dibuka ke depan. Salah satunya, jalur pemenuhan kuota SMA/SMK yang dibuka 6-8 Juli.

"Jalur pemenuhan ini dibuka jika tiap jalur pendaftaran sebelumnya belum tercukupi kuotanya. Maka sekolah bisa memenuhi kuota penerimaan melalui jalur itu," ucap Basri.

Dia menegaskan, seluruh tahapan PPDB tahun ini dilaksanakan dengan sistem online. Pihak sekolah tidak dibenarkan membuka proses pendaftaran secara manual, yakni menggelar pertemuan langsung antara sekolah dan orang tua calon siswa.

"Kegiatan siswa di sekolah tidak boleh. Ini menjadi penegasan kenapa kita tetap harus sidak sekolah-sekolah untuk memastikan tidak ada siswa beraktivitas di sekolah. Kepala sekolah harus ditegur dan diperingati, kecuali panitia PPDB," kata Basri.

Ketua Panitia PPDB Tingkat Sulsel, Sabri sebelumnya mengatakan, setelah tahapan pendaftaran PPDB jalur zonasi selesai, akan ada jalur khusus tingkat SMK atau nonzonasi. Pendaftarannya dibuka tanggal 15 Juni-3 Juli 2020. "Semua tahapan pendaftaran PPDB sesuai jadwal sebelumnya," kata Sabri.

Diketahui, proses PDDB diatur dalam Permendikbud Nomor 44/2019. Pembagian jalur dan kuota penerimaan telah diatur, di antaranya jalur zonasi 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen, dan sisa 5 persen lainnya untuk jalur perpindahan orang tua.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 jalur zonasi untuk tingkat SMA/SMK/SLB, mulai dibuka hari ini Senin (29/06/2020). Foto : Ilustrasi


Editor : Maria Christina