Gubernur Nurdin Abdullah Pastikan Vaksin Covid Sudah Dinyatakan Halal

Leo Muhammad Nur ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 00:45:00 WITA
Gubernur Nurdin Abdullah Pastikan Vaksin Covid Sudah Dinyatakan Halal
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah tes swab PCR untuk persiapan penyuntikan vaksin Covid-19 pada Kamis (14/1/2021) mendatang. (Foto: iNews/Leo Muhammad Nur)

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, memastikan vaksin Covid-19 yang didistribusikan sudah mendapat label halal. Selain itu sudah melewati uji klinis untuk keamanan dan efektivitasnya.

"Sudah dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan telah melewati uji klinis," kata Nurdin di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (12/1/2021).

Proses uji klinis sudah dilakukan sebanyak tiga kali. Karena itu dia meminta masyarakat tidak ragu dengan kualitas dari vaksin penangkal virus corona.

"Hari Kamis, saya vaksin pertama. Jadi tidak usah ragu," ujar dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan, untuk distribusi vaksin akan dilakukan ke Kota Makassar, Kabupatan Maros dan Gowa pada Selasa hari ini, lengkap dengan cold box-nya.

Sedangkan daerah lainnya pada bulan Februari. Untuk tahap pertama ini, maka pemantauan dilakukan dengan sangat baik terlebih dahulu. 

Dia menyebut, Gubernur Sulsel juga telah mengusulkan penambahan rumah sakit untuk pelaksanaan vaksinasi di Kota Makassar. Yakni rumah sakit umum provinsi.

"Sementara proses hari ini. Kita ajukan enam rumah sakit, lebih banyak lebih bagus, supaya tidak berkerumun. Itu tujuannya," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal