Geger, Warga Maros Temukan Lubang Besar Misterius di Tengah Sawah

Sindonews, Najmi Limonu ยท Senin, 10 Agustus 2020 - 10:45 WITA
Geger, Warga Maros Temukan Lubang Besar Misterius di Tengah Sawah
Fenomena sinkhole di Maros menggegerkan warga. (Foto: Sindonews).

MAROS, iNews.id - Warga di Desa Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), digegerkan dengan penemuan lubang besar misterius di tengah sawah. Kedalamannya diperkirakan mencapai dua meter.

Seorang warga, Anwar mengatakan, lubang ini berada di tengah-tengah sawah Dusun Garantiga, Desa Simbang, Kecamatan Simbang. Pertama kali ditemukan oleh ayahnya seorang petani, Daeng Mala, dan rekan-rekannya.

"Saat itu bapak saya mengecek mesin sumur bor sebelum pergi ke sawah. Saat mesin dihidupkan, air yang keluar warnanya kotor, kecoklatan," kata Anwar di Kabupaten Maros, Sulsel, Minggu (9/8/2020).

Ketika itulah, ayahnya mendapati hal yang aneh di tengah sawah. Para petani itupun mengecek ke lokasi dan menemukan lubang besar dengan diameter lima meter terisi air.

"Waktu kejadian mereka tidak mendengar adanya tanda-tanda atau suara apapun," ujar dia.

Kondisi ini berbeda dengan fenomena di Desa Lebbo Tengae sebelumnya. Saat ditemukan lubang besar atau sinkhole, warga sempat mendengar suara gemuruh yang diduga karena tanah yang ambles.

"Kejadian semacam ini juga pernah terjadi di desa kami, tapi sudah lama 10 tahun lalu. Jaraknya sekitar 500 meter dari lubang yang ada sekarang," ujar dia.

Kondisi lubang tersebut saat ini masih sama, tidak bertambah luas dan masih terendam air. Namun warga memasang pembatas di sekitar TKP, khawatir tanah di sana kembali ambles.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal