Enggan Dukung Makassar Recover, 60 Persen Lurah Akan Dinonaktifkan

Ashari Prawira ยท Kamis, 08 April 2021 - 11:50:00 WITA
Enggan Dukung Makassar Recover, 60 Persen Lurah Akan Dinonaktifkan
Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat meninjau lokasi banjir. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Wali Kota Makassar, Ramdhan (Danny) Pomanto, berencana menonaktifkan sebagian besar lurah dan ketua RT/RW. Kebijakan ini diambil karena banyak yang tidak mendukung kebijakan Makassar Recover.

Dia mengatakan, ada 60 persen lebih lurah di Kota Makassar yang dinonaktifkan. Sebab mereka diduga menyabotase program unggulan pemerintah tersebut.

"Banyak lurah yang mencoba mensabotase Makassar Recover. Contohnya, mereka tidak mau merefocusing anggarannya. Padahal ini perintah negara, bukan wali kota," kata Danny Pomanto di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (7/4/2021).

Banyak lurah yang malah membuat proyek sendiri untuk penanganan pandemi Covid-19. Mereka bersekongkol dengan oknum untuk memainkan dana kelurahan.

"Diduga ada persekongkolan awal dengan berbagai unsur untuk menggunakan dana kelurahan itu semau-maunya. Tidak sesuai rencana Pemerintah Kota Makassar," ujar dia.

Namun dia mengatakan, tidak semua lurah memiliki agenda tersebut. Ada sebagian yang masih punya iktikad baik untuk membantu program Makassar Recover.

"Khusus yang dicurigai tunggu tanggal mainnya. Pasti lewat 60 persen," katanya.

Dia menyebut, pemangkasan akan dimulai pekan depan bersamaan dengan keseluruhan RT/RW yang lebih dulu dikabarkan akan dipelaksanatugaskan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal