Eksotisme Pantai Ujung Tiro Bulukumba, Wisatawan Dimanjakan Ikan Berwarna Warni

Vien Dimyati ยท Sabtu, 28 Desember 2019 - 05:15:00 WITA
Eksotisme Pantai Ujung Tiro Bulukumba, Wisatawan Dimanjakan Ikan Berwarna Warni
Pantai Ujung Tiro Bulukumba (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Pantai Ujung Tiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) bisa menjadi objek wisata alternatif untuk menikmati libur tahun baru. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Samboang yang terkenal keindahannya.

Pantai yang terletak di Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro ini sesuai namanya, berada di bagian paling ujung dan di antara semak belukar. Namun, semua itu akan luruh setelah melihat eksotisme pantai tersebut.

“Pantai yang masih satu kawasan dengan Pantai Samboang ini akan membuat siapa pun yang melihatnya berdecak kagum, yakni Pantai Ujung Tiro. Tak ada pasir putih di tempat ini, gantinya adalah hamparan tebing-tebing batu yang indah. Tepat di bibir pantai ada batu tumbuh yang berdiri kokoh," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Jumat (27/12/2019).

Mengunjungi pantai ini harus memiliki persiapan matang. Jalannya berupa bebatuan dan sedikit licin. Pengunjung harus ekstra hati-hati. Meski semua jenis kendaraan bisa melaluinya, namun disarankan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Di kiri kanan sepanjang jalan yang ditemukan hanyalah semak belukar dan hutan kayu. Tidak jarang Anda akan mendengar suara binatang liar juga menambah sensasi perjalanan. Tapi, hamparan pantai yang indah di ujung perjalanan akan menghilangkan rasa lelah.

Pemandangan batu-batu inilah yang menambah semarak Pantai Ujung Tiro. Anda akan diarahkan menuruni bibir pantai dan menyeberang ke bebatuan. Dari jembatan kayu yang tua namun tetap kokoh, Anda dapat dengan mudah melihat dasar lautan yang jernih. Bahkan, bisa melihat ikan-ikan yang leluasa berenang.

Karena kejernihan air dan keindahan terumbu karangnya, tidak sedikit yang datang ke tempat ini khusus untuk snorkeling.

Untuk mencapai pantai ini dari Kota Bulukumba, Anda bisa mengambil jalur poros menuju Pantai Tanjung Bira. Setelah tiba di pertigaan antara Desa Ara dan Desa Bira, selanjutnya mengambil jalur menuju Desa Ara.

Setelah itu Anda akan menemukan Gerbang Pantai Samboang yang terletak di pinggir jalan raya. Jika sudah tiba di gerbang Pantai Samboang selanjutnya belok kanan sampai mentok pada pertigaan, lalu belok kiri sampai mendapat papan petunjuk arah yang bertuliskan Pantai Ujung Tiro, belok kanan lagi. Di ujung jalan akan ada rumah yang di sampingnya ada lahan parkir, di situlah tempat memarkir kendaraan.

 


Editor : Kastolani Marzuki