Dukung Pemulihan Wisata, UCLG Aspac Gelar Virtual Travelling di Sulsel-Gorontalo

Kastolani ยท Senin, 25 Januari 2021 - 22:30:00 WITA
Dukung Pemulihan Wisata, UCLG Aspac Gelar Virtual Travelling di Sulsel-Gorontalo
Penerapan protokol kesehatan ketat kepada wisatawan wajib dilakukan di tengah pandemi Covid. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.idPandemi Covid-19 yang berlangsung sudah hampir setahun ini memukul hampir semua sektor usaha tak terkecuali sektor pariwisata. Salah satu yang dapat dimanfaatkan dalam upaya pemulihan sektor pariwisata adalah melalui dukungan teknologi yakni virtual travelling.

Inovasi virtual tour adalah salah satu bentuk inovasi dengan memanfaatkan teknologi yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata di masa pandemi ini. 

“Pada masa pandemi Covid-19 ketika industri pariwisata mendapatkan pukulan yang kuat, pemerintah daerah perlu menyusun strategi dan juga berinovasi agar sektor pariwisata dapat tetap berjalan,” kata Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, Bernadia Irawati Tjandradewi dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/1/2021). 

Dia menerangkan, melakukan promosi daya tarik wisata secara daring sambil mempersiapkan destinasi pariwisata yang memiliki standar protokol kesehatan yang baik, adalah beberapa yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah saat ini. 

“Virtual tour dapat menjadi salah satu pendekatan yang baik khususnya di masa adaptasi kebiasaaan baru agar daya tarik lokasi wisata di daerah semakin meningkat dan roda perekonomian daerah dapat kembali berjalan,” katanya. 

Setelah masa pandemi berakhir, kata dia, wisatawan akan berbondong-bondong berkunjung ke daerah wisata tersebut yang sebelumnya mereka kenal melalui media daring. 

UCLG ASPAC melalui program LOCALISE SDGs memberikan asistensi teknis berupa pendampingan dan peningkatan kapasitas SDM kepada 5 pemerintah daerah secara virtual. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2