Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Basarnas Sulsel Siagakan 121 Personel di Sejumlah Wilayah

Antara · Senin, 25 April 2022 - 17:06:00 WITA
Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Basarnas Sulsel Siagakan 121 Personel di Sejumlah Wilayah
Suasana apel personel Basarnas Makassar untuk kesiapan Siaga SAR Angkutan Lebaran Mudik Tahun 2022 di kantor Basarnas Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/4/2022). (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.idBasarnas Provinsi Sulawesi Selatan menyiagakan 121 personel untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022 di daerah itu. Personel diturunkan di sejumlah wilayah, seperti Kota Makassar, Palopo, Pare-Pare, Kabupaten Bone, Kepulauan Selayar, Bantaeng, dan Masamba.

Fokus tugas mereka di pelabuhan, bandar udara, terminal, serta beberapa lokasi wisata yang ramai dikunjungi masyarakat.

"Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional saat arus mudik Lebaran," ujar Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi saat Apel Siaga Khusus Lebaran di Kantor Basarnas Makassar di Makassar, Senin (25/4/2022). 

Dia mengatakan lebaran tahun ini harus diantisipasi karena adanya lonjakan.

"Arus mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga sehingga perlu diantisipasi," ucapnya.

Dia menjelaskan Siaga SAR Khusus Lebaran tersebut bertujuan mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional.  Hal ini sesuai instruksi dan arahan Kepala Basarnas Pusat Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi.

Djunaidi juga menekankan kepada seluruh petugas Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 agar tetap semangat, menjaga kesehatan, dan menunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab, sesuai dengan visi dan misi.

"Petugas Siaga SAR Khusus juga harus selalu menjalin kerja sama yang baik dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, pemda, pengelola jalan tol, RS rujukan, serta instansi lain, untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal terhadap pemudik," kata Djunaidi.

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: