Duh, Ruang Isolasi Pasien Covid-19 RSDK Makassar Sudah Penuh

Antara ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 19:28:00 WITA
Duh, Ruang Isolasi Pasien Covid-19 RSDK Makassar Sudah Penuh
Tim medis RSDK Makassar. Keterisian ruang isolasi perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut sudah penuh. (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Kapasitas ruang isolasi perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Dadi Khusus (RSDK), Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, sudah terisi penuh. Dari 12 kamar dengan 10 kamar utama dan dua cadangan semuanya sudah terisi.

"Kami punya 12 kamar. Maksimal hanya menerima 10 kamar dan dua cadangan. Sebelumnya kosong sekarang sudah terisi penuh. Artinya, ini ada penambahan, karena penularan virus terus berkembang," ungkap Direktur RSDK, Dr Arman Bausat di Makassar, Rabu (13/1/2021).

Dengan tingkat keterisian ruangan di rumah sakit itu di atas 90 persen, kata dia, langkah-langkah dilakukan pihak rumah sakit tetap menjalankan standar perawatan penanganan pasien positif Covid-19 dan belum bisa menerima pasien rujukan.

Selain itu, melihat laju penularan virus tersebut cukup tinggi, dia menyarankan yang harus diperbaharui adalah menjaga diri, serta memperketat protokol kesehatan, agar virus ini tidak menyebar. Sebab, virus tidak bisa masuk kecuali lewat hidung, mulut dan mata.

"Faktor utamanya akibat dari kelalaian. Bila kita terus abai (Protokol Kesehatan) maka virusnya kembali menyerang. Pandemi ini tidak akan selesai sampai tahun 2021, makanya kita harus siap-siap," ujar dia.

Jumlah pasien positif yang dirawat sementara berjumlah 119 orang pasien, sedangkan kapasitas tempat tidur hanya 200 unit, sehingga sangat terbatas. Bahkan, ada pasien meminta kamar tersendiri, tapi itu tidak bisa dipenuhi karena sudah penuh.

Editor : Kastolani Marzuki