Diresmikan Jokowi, PLTA Malea Suplai Listrik Sulsel 90 Megawatt

Jufri Tonapa ยท Jumat, 25 Februari 2022 - 18:52:00 WITA
Diresmikan Jokowi, PLTA Malea Suplai Listrik Sulsel 90 Megawatt
Presiden Joko Widodo meresmikan dua pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (25/2/2022). (Foto: Istimewa)

TANA TORAJA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini meresmikan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Malea yang ada di Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (25/2/2022). PLTA Malea ini menyuplai listrik untuk Sulsel dengan kapasitas 90 megawatt.

PLTA Malea terletak di aliran sungai Sa'dan Tana Toraja. PLTA ini menggunakan sistem pengambilan air dengan sistem run off river dengan bangunan utama berupa area pengambilan (intake area). Lalu juga area saluran penghantar (waterway), tangki peredam (surge tank), dan area gedung pembangkit (power house).

PLTA yang memanfaatkan aliran sungai sebagai sumber daya utama ini dibangun oleh Kalla Group.

Beroperasinya PLTA Malea ini membuat bauran energi baru terbarukan (EBT) di sistem kelistrikan sulawesi bagian selatan meningkat. Dari sebelumnya 29,46 persen atau setara 651 MW menjadi 33,5 persen atau 740 MW.

Pimpinan PLTA Malea Energi, Victor Batuan Batara mengutarakan, PLTA Malea memberikan suplai listrik secara interkoneksi ke Sulawesi Selatan, dengan memenuhi permintaan kilowatt jam (KWh) ke PLN.

"Jadi PLN membeli per KWh. Kapasitas yang dibutuhkan PLN saat ini 60 persen daya mampu dari PLTA Malea. Jika 90 Mw, PLN butuh 60 persennya. Setiap jam kita kirim," katanya. 

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: