Datangi Asrama Mahasiswa Papua di Makassar, Komjen Paulus Waterpauw Cerita soal KKB

Faisal Mustafa ยท Senin, 19 April 2021 - 11:20:00 WITA
Datangi Asrama Mahasiswa Papua di Makassar, Komjen Paulus Waterpauw Cerita soal KKB
Komjen Pol Paulus Waterpauw mendatangi asrama mahasiswa Papua di Makassar. (Foto: Sindonews).

MAKASSAR, iNews.id - Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw mendatangi Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Rappocini Raya, Kota Makassar. Dalam pertemuan itu dia bercerita soal kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Sebagai orang tua, kakak, senior punya kewajiban datang untuk lihat mereka kebetulan bapak kapolda, kapolrestabes, pak direktur intel punya waktu untuk saya bisa lihat adik-adik saya," kata Komjen Paulus di Kota Makassar, Sulsel, Minggu (18/4/2021).

Mantan Kapolda Papua ini bercerita kepada para mahasiswa ini terkait pemberontakan KKB di Papua. Dia mengatakan kondisi tersebut sudah jadi atensi utama Polri.

"Nanti malam saya akan berangkat survei ke Papua, melihat situasi sendiri di sana dan membantu pemecahan masalah," ujar dia.

Menurut dia, KKB kerap masuk ke dalam lingkungan warga tanpa memakai atribut mereka, termasuk senjata. Saat itu mereka mengamati dulu kawasan setempat. Gerak-gerik KKB sulit terbaca jika sudah membaur dengan masyarakat.

"Dia melihat dan mempelajari kelemahan kita (personel TNI-Polri) yang ada di sana termasuk masyarakatnya," ujarnya.

Hal lain yang biasa dilakukan yakni berbuat onar di kawasan yang sudah damai dan tentram. "Mereka mengganggu di waktu-waktu tertentu. Biasanya sudah aman, sudah landai mereka terus melakukan upaya-upaya begitu," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal