Cerita JK Bangun PLTA di Poso, Soal Konflik Sosial hingga Tak Percaya Teknologi

Dita Angga ยท Jumat, 25 Februari 2022 - 11:24:00 WITA
Cerita JK Bangun PLTA di Poso, Soal Konflik Sosial hingga Tak Percaya Teknologi
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat meresmikan PLTA Poso, Jumat (25/2/2022). (Foto: Hasil tangkapan layar)

POSO, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang ada di Poso Sulawesi Tengah. PLTA ini dibangun oleh Kalla Group milik Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Pada kesempatan itu JK pun menceritakan sejarah dirinya membangun PLTA tersebut. Salah satunya adalah konflik sosial yang terjadi di Poso pada tahun 2000 hingga 2001.

“Berhasil kita selesaikan konfliknya. Pertanyaan kemudian bagaimana mencegah konflik itu jika kesejahteraan tidak naik. Kegiatan masyarakat ekonominya tidak berjalan,” katanya saat peresmian PLTA di Kabupaten Poso, Sulteng, Jumat (25/2/2022).

“Maka tentu salah satu upaya, kami berpikir salah satu kekurangan di Sulteng adalah listrik yang tidak bisa menggerakakan industri dan rumah tangga masyarakat. Karena itulah maka kita mencari bagaimana meningkatkan ekonomi derah ini,” lanjut JK.

Selain itu JK mengakui mempunyai kesalahan karena tidak mempercayai teknologi. Hal ini membuat Group Kalla akhirnya tidak mendapatkan keuntungan.

“Sebelumnya kami mengadakan kerjasama telkom meningkatkan telekomunikasi di Indonesia Timur. Pada suatu waktu seorang profesor menyatakan bahwa nanti transaksi di kantong. Waktu itu belum terpikir. Ah apa yang dibilang profesor ini, kita jalan terus aja dengan pasang kabel macam-macam ke seluruh indonesia Timur,” tuturnya.

“Ternyata betul lima tahun proyek tidak menguntungkan, dengan sedikit tidak mendapat untung, karena tidak percaya teknologi,” katanya.

Editor : Dita Angga Rusiana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: