Berteknologi Canggih, Laboratorium PCR di RSUD Daya Bisa Deteksi 4 Varian Baru Covid

Antara ยท Senin, 02 Agustus 2021 - 09:50:00 WITA
Berteknologi Canggih, Laboratorium PCR di RSUD Daya Bisa Deteksi 4 Varian Baru Covid
Wali Kota Danny Pomanto mengecek laboratorium di RSUD Daya Makassar. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Laboratorium PCR berteknologi canggih di RSUD Daya bisa mendeteksi empat varian baru Covid-19. Peralatan ini disiapkan Pemerintah Kota Makassar untuk membantu kinerja tim-tim dari Satgas Makassar Recover.

Wali Kota Makassar, Ramdhan (Danny) Pomanto mengatakan, semua sampel akan diuji di laboratorium ini. Dalam satu hari atau 24 jam, bisa menerima 1.200 sampel untuk diperiksa.

"Kita punya teknologinya dan ini sudah canggih bisa deteksi varian barunya juga," kata Wali Kota Danny Pomanto di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (2/7/2021).

Menurut dia, sejak adanya varian baru Covid-19 di Indonesia, hampir seluruh sampel dikirim ke Kemenkes Jakarta, sebab teknologi laboratorium di Makassar masih sangat terbatas.

"Jadi kalau menggunakan alat PCR biasa, kalau delta tidak dapat dideteksi, dianggap negatif. Di sini, super sensitif bisa mendeteksi varian baru yang bergeser dari pada virus corona," ujar dia.

Laboratorium seperti ini baru ada dua di Indonesia, yakni di Pondok Indah Jakarta dan RSUD Makassar. Untuk pemanfaatannya tinggal menunggu izin dari Pemerintah Provinisi Sulsel.

"Kita tinggal tinggal menunggu izin dari provinsi agar statusnya sebagai lab bisa cepat keluar, agar ini bisa membantu," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal