Bertambah Lagi, 32 Tenaga Medis di Takalar Positif Covid-19

Herawati ยท Senin, 22 Juni 2020 - 15:25 WIB
Bertambah Lagi, 32 Tenaga Medis di Takalar Positif Covid-19
Screening tenaga medis di ruang isolasi. (Foto: Dok Sindo).

TAKALAR, iNews.id - Sebanyak 32 tenaga medis di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka berasal dari puskesmas, petugas dinas kesehatan hingga RSUD H Padjonga Daeng Ngalle.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Takalar, dr Rahmawati, membenarkan ada 32 tenaga kesehatan yang terpapar virus corona. Jumlahnya bertambah 15 orang dari sebelumnya hanya 17.

"Iya betul, bertambah menjadi 32 orang," kata dr Rahmawati di Kabupaten Takalar, Sulsel, Senin (22/6/2020).

Para tenaga medis ini berdomisili di Kabupaten Takalar, Gowa dan Kota Makassar. Dari jumlah tersebut tujuh orang di antaranya dikarantina di hotel, sebagian besar menjalani isolasi mandiri.

Sebagian menjalani isolasi mandiri di rumah sakit. Sebab RSUD H Padjonga Daeng Ngalle menyediakan ruangan khusus sebagai tempat para tenaga medis ini mengkarantina diri selama masa inkubasi virus.

"Kita menyiapkan juga ruang vip rumah sakit sebagai tempat isolasi mandiri," kata Direktur RSUD H Padjonga Daeng Ngalle, dr Asriadi Ali.

Menurut dia, rumah sakit menyiapkan alternatif tempat isolasi bila hotel di Kota Makassar sudah penuh menampung ODP dan OTG. Namun mereka dengan kondisi kesehatan yang baik, diziinkan isolasi mandiri di rumah.

Manajemen RSUD H Padjonga Daeng Ngalle Takalar juga telah menutup sementara layanan IGD sejak Kamis 18 Juni lalu. Pelayanan sementara dialihkan ke puskesmas-puskesmas.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal