Begini Kronologi Penumpang Melahirkan di Pesawat Rute Jayapura-Makassar

Andi Mohammad Ikhbal · Rabu, 18 November 2020 - 15:45:00 WITA
Begini Kronologi Penumpang Melahirkan di Pesawat Rute Jayapura-Makassar
Penumpang melahirkan di pesawat mendapat penanganan medis lanjutan. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Seorang penumpang Lion Air penerbangan JT-797 rute Jayapura ke Makassar melahirkan di dalam pesawat. Dalam pemeriksaan semua penumpang dinilai layak dan dalam kondisi sehat.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, kru pesawat Boeing 737-900ER sudah menjalani pemeriksaan dan dipastikan sehat. Begitu juga dengan para calon penumpangnya.

Lion Air penerbangan JT-797 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sentani dengan jadwal keberangkatan pukul 13.35 WIT.

"Kira-kira 50 menit dari jadwal terbang, pendamping dari penumpang dimaksud meminta bantuan kepada awak kabin bahwa mengeluh sakit perut dan meminta air putih hangat," kata Danang dalam keterangan yang diterima iNews, Rabu (18/11/2020).

Pimpinan awak kabin, Novitalia bersama kru, menghampiri langsung penumpang atas nama Anastasia Geavani, guna mengetahui kondisinya.

Setelah mendapatkan informasi detail, pimpinan awak kabin menyampaikan pengumuman terkait adanya profesi dokter di antara penumpang. Kemudian seorang penumpang atas nama dr Marthina Setiawati Randabunga mendatangi pasien.

"Koordinasi dan kerja sama yang baik antara awak kabin dan dokter, proses persalinann penumpang termasuk penanganannya tersebut berjalan normal," ujar dia.

Penumpang atas nama Anastasia melahirkan di kursi bagian belakang. Ibu dan anak dalam keadaan sehat serta selamat.

Dalam situasi tersebut, pilot Capt Eirstanto Prabowo bersama kopilot Tanto Adi Prasetyo setelah koordinasi dengan dokter dan awak kabin memutuskan untuk pengalihan
pendaratan (divert) ke bandara terdekat, yakni Bandara Pattimura Ambon.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal