Batu Besar di Lereng Bukit Menggeliding Nyaris Timpa Rumah Warga

Sindonews, Joni Lembang ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 15:00 WIB
Batu Besar di Lereng Bukit Menggeliding Nyaris Timpa Rumah Warga
Batu besar di lereng bukit nyaris timpa rumah warga. (Foto: Sindonews).

MAKALE, iNews.id - Sebongkah batu besar di bukit Kelurahan Lapandan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengancam permukiman warga. Sebab batu berdiameter 10 meter ini menggelinding ke bawah akibat aktivitas warga di sekitar lerengnya.

Informasi yang dihimpun, awalnya batu besar tersebut bagian dari tebing bukit di lingkungan Batakan, Kelurahan Lapandan, Kecamatan Makale. Namun karena ada aktivitas dengan alat berat di lereng, batu pun longsor. Untung belum sempat menimpa permukiman warga.

"Kejadiannya pada Kamis (29/5/2020) dini hari. Sempat terdengar suara yang cukup keras. Saya mengira ada lakalantas karena rumah saya berada di pinggir jalan," kata seorang warga, Chairil, Jumat (29/5/2020).

Namun saat dia keluar rumah suasana di jalan malah hening. Tapi begitu dia lihat di belakang rumah, terdapat batu berukuran besar yang nyaris menimpa bangunan tempat tinggalnya.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Chairil bersama keluarga mengungsi ke rumah tetangga. Pasalnya, posisi batu besar itu lebih tinggi dari bangunan rumah dan sewaktu-waktu bisa menggelinding.

"Sudah beberapa hari ini, saya tinggal di rumah tetangga, karena khawatir rumah saya akan tertimpa batu besar yang sewaktu-waktu bergerak ke bawah," ujarnya.

Bukan hanya merusak rumah Chairil, bila batu tersebut bergerak ke bawah, kemungkinan akan menutupi badan jalan poros trans-sulawesi. Sebab jarak batu dengan jalan hanya beberapa meter saja.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal