Basarnas Sulsel Tutup Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi, 15 Orang Masih Hilang

Ansar Jumasang ยท Senin, 06 Juni 2022 - 16:07:00 WITA
Basarnas Sulsel Tutup Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi, 15 Orang Masih Hilang
Suasana pencarian korban KM Ladang Pertiwi 2 oleh tim Basarnas yang masih dinyatakan hilang usai tenggelam di perairan Selat Makassar. (Foto: Dok Basarnas Sulsel)

Dia menuturkan secara umum faktor cuaca turut memengaruhi upaya pencarian korban KM Ladang Pertiwi. Angin laut hingga ketinggian ombak menyulitkan Tim SAR gabungan saat di laut.

"Proses pencarian yang terkendala itu misalnya cuaca buruk, jarak pandang tak bisa terlihat, atau angin (kencang), ombak," tutur dia.

Belum lagi pihaknya menduga, sejumlah korban terbawa arus bawah laut hingga sulit ditemukan. Namun dia meyakini korban ditemukan tinggal menunggu waktu saja.

"Kemungkinan juga karena seumpamanya arus bawah kan kita tidak tahu kan. Cuman kalau tenang di atas permukaan laut, di bawah kita tidak tahu," kata Wahid.
Sebelumnya, operasi pencarian korban kapal tenggelam KM Ladang Pertiwi akan kembali berakhir setelah diperpanjang tiga hari sejak Jumat (3/6/2022) lalu. Masa perpanjangan ini mempertimbangkan masih banyaknya korban belum ditemukan.

Diketahui KM Ladang Pertiwi terdata membawa 50 penumpang. Dari jumlah tersebut, ada 31 korban ditemukan selamat, dan 4 tewas, sedangkan 15 penumpang masih dinyatakan hilang.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: