Antisipasi Difteri, Dinkes Makassar Imunisasi 38.350 Anak

Antara ยท Senin, 26 Maret 2018 - 17:31:00 WITA
Antisipasi Difteri, Dinkes Makassar Imunisasi 38.350 Anak
Ilustrasi pemberian vaksin difteri. (Foto: Dok. iNews.id)

MAKASSAR, iNews.id - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan melakukan imunisasi kepada 38.350 orang anak mulai tingkat balita hingga remaja. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi persebaran wabah difteri di Kota Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Makassar dr Naisyah Tun Azikin jumlah tersebut berasal dari dua kecamatan yang ada di Kota Makassar. “Untuk sementara ini sudah 38.350 orang anak yang diberikan suntikan vaksin imunisasi agar terhindar dari difteri," ucapnya di Makassar, sebagaimana dilansir dari Antara, Senin (26/3/2018).

Kegiatan pemberian vaksin imunisasi itu secara bertahap mulai hari ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Makassar dengan sasaran anak sekolah. "Pelaksanaan imunisasi yang digelar hari ini adalah bagian untuk mencegah penyebaran virus difteri yang banyak terjadi kepada anak-anak," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan iminusasi ini merupakan program nasional yang merupakan bagian dari upaya pencegahan penyakit difteri yang menyebar ke daerah, khususnya di Kota Makassar. "Kita cegah anak-anak dengan imunisasi difteri makanya kami mulai dari bangku sekolah," katanya.

Naisyah menjelaskan, difteri adalah penyakit yang disebabkan bakteri 'corynebacterium diptheriae' yang dapat menyebar melalui kontak fisik atau pernapasan. "Gejala awalnya adalah terjadinya radang tenggorokan, hilang nafsu makan dan demam ringan selama 2-3 hari serta timbul selaput kebiru-biruan pada tenggorokan dan tonsil," ujarnya.

Kegiatan imunisasi dengan sasaran anak usia 1-5 tahun itu, ucap Naisyah, akan digelar tiga tahap, yakni tahap pertama pada 26-10 April 2018, tahap kedua 26-3 Mei 2018 dan tahap terakhir 1-15 November 2018. Dinas Kesehatan Makassar mengerahkan sebanyak 134 orang petugas medis, baik dari tim kesehatan Puskesmas maunpun Dinas Kesehatan Makassar.

Editor : Himas Puspito Putra

Bagikan Artikel: