Akui Terima Uang 150.000 Dolar Singapura, Nurdin Abdullah: Tapi untuk Pilkada Bulukumba

Antara ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 08:50:00 WITA
Akui Terima Uang 150.000 Dolar Singapura, Nurdin Abdullah: Tapi untuk Pilkada Bulukumba
Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah di KPK. (Foto: Sindo).

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nonaktif, Nurdin Abdullah, mengaku menerima uang 150.000 dolar Singapura dari terdakwa Agung Sucipto pada 2019. Namun dana ini kegiatan politik Pilkada Bulukumba.

"Benar uang itu dibawa oleh Pak Agung dan itu untuk kepentingan Pilkada Bulukumba," ujar Nurdin Abdullah menjawab pertanyaan JPU KPK saat menjadi saksi dugaan kasus suap terdakwa Agung Sucipto, Kamis (10/6/2021).

Uang senilai 150.000 dolar Singapura yang setara dengan Rp1,5 miliar akan dipakai untuk membayar upah saksi dari pasangan calon. Selain itu juga membiayai kegiatan partai politik (parpol).

Nominal ini diterimanya untuk pemenangan pasangan calon Tommy Satria-Andi Makkasau pada Pilkada 2020. Namun dia memastikan, uang tersebut bukanlah suap untuk proyek infrastruktur yang dilelang Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Uang itu tidak ada hubungan dengan segala jenis proyek. Karena  untuk memenangkan pasangan calon kita di Bulukumba," ujarnya.

Sebab Agung Sucipto selain sebagai kontraktor proyek pembangunan infrastruktur di Sulsel, dia juga pengurus salah satu parpol di Kabupaten Bulukumba.

"Itu murni kegiatan politik, tidak sangkut paut dengan proyek-proyek," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal