Akibat Gelombang Tinggi, Kawasan Wisata Tope Jawa di Takalar Sepi Pengunjung

Antara ยท Jumat, 03 Januari 2020 - 17:35 WITA
Akibat Gelombang Tinggi, Kawasan Wisata Tope Jawa di Takalar Sepi Pengunjung
Kawasan wisata Tope Jawa di Takalar Sulsel tampak sepi pengunjung. (Foto: Antara).

TAKALAR, iNews.id - Kawasan wisata Tope Jawa di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), tampak sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan hujan dan gelombang tinggi di bibir pantai tersebut.

Seorang pengelola kawasan foto booth, Mulianti mengatakan, kondisi ini dirasakan sejak Kamis (2/1/2020) kemarin. Padahal, satu pekan ke depan masih masuk masa liburan sekolah.

"Ini karena hujan dan ombak tinggi, sehingga tidak cocok mandi-mandi di pantai," kata Mulianti kepada wartawan di Tope Jawa, Kabupaten Takalar, Sulsel, Jumat (3/1/2020).

BACA JUGA: BBMKG Makassar: Pantai Barat Sulsel Akan Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga 7 Januari 2020

Bila kondisi cuaca sedang normal, kata dia, umumnya ada sekitar 500 orang pengunjung per hari yang menyewa gazebo dan foto booth yang dikelolanya. Namun sejak dua hari terakhir kondisi cuaca tidak bersahabat, sehingga hanya mendapatkan 12 orang kunjungan saja.

Menurut dia, dengan sepinya pengunjung pada musim libur sekolah ini, otomatis pendapatannya berkurang dari kondisi normal yang mana rata-rata bisa Rp350.000 per hari.

"Pendapatan jadi turun, mungkin hanya Rp75.000 per hari," ujar dia.

BACA JUGA: 6 Bocah di Makassar Tenggelam saat Berenang di Kanal, 1 Tewas

Petugas loket kawasan wisata Tope Jawa, Feby mengatakan, puncak pengunjung terjadi pada H-1 tahun baru. Setelah itu, pengujung mulai sepi, karena hujan dan ombak cukup tinggi, sehingga berbahaya untuk menjadi sarana rekreasi.

Meski begitu, kata dia, pihak pengelola sudah menyiapkan wahana bermain dan kolam renang yang cukup aman, meski dalam kondisi hujan.

"Semoga libur sekolah yang masih tersisa beberapa hari lagi, didukung dengan kondisi cuaca yang lebih baik, sehingga banyak pengunjung datang," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal