65 Tahun Kodam Hasanuddin Dekat di Hati Rakyat, Gubernur Sulsel Beri Apresiasi

Antara ยท Kamis, 02 Juni 2022 - 13:13:00 WITA
65 Tahun Kodam Hasanuddin Dekat di Hati Rakyat, Gubernur Sulsel Beri Apresiasi
Suasana peringatan HUT ke-65 Kodam XIV Hasanuddin dipimpin Pangdam Mayjen TNI Andi Muhammad (kiri) di Lapangan Hasanuddin, Makodam Hasanuddin, Makassar, Rabu (2/6/2022). (Antara/ Suriani Mappong)

MAKASSAR, iNews.id - Kodam XIV/Hasanuddin telah berdiri selama 65 tahun untuk bangsa dan negara sehingga dekat di hati rakyat. Dalam perayaan HUT Kodam ini, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman pun memberikan apresiasi atas dedikasi tersebut.

"Apresiasi untuk Kodam Hasanuddin yang sepanjang 65 tahun melakukan berbagai kegiatan, baik tugas menjalankan keamanan dalam dan luar negeri, maupun membantu masyarakat di lapangan," ujar Andi saat perayaan HUT ke-65 Kodam XIV/Hasanuddin di Makassar, Rabu (1/6/2022).

Peringatan tersebut ditandai dengan seremoni upacara oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad bersama jajaran Forkopimda Sulsel di Lapangan Hasanuddin, Makodam.

Menurut Sudirman, pada usia ke-65 tahun Kodam Hasanuddin ini sudah menorehkan banyak prestasi dan pengabdian dalam menjalankan fungsi pengamanan maupun fungsi sosial di kalangan masyarakat.

Kondisi tersebut diakui sangat terasa pada saat terjadi bencana alam, kejadian luar biasa (KLB) dan pembangunan sarana dan prasarana di lokasi terpencil, terdepan dan terluar di suatu daerah, prajurit TNI selalu menjadi garda terdepan.

Semua perjalan itu menjadikan Kodam XIV/Hasanuddin lebih dekat dengan masyarakat, khususnya di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

"Tentu saja kerja sama prajurit, dukungan masyarakat dan sinergi dengan berbagai kalangan telah mengantar Kodam Hasanuddin sukses menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan sesuai dengan tupoksinya," katanya.

Sesuai dengan tema HUT ke-65 Kodam XIV/Hasanuddin yakni 'Kodam XIV/Hasanuddin di Hati Rakyat' juga diungkapkan sebuah penegasan dari janji dan tekad prajurit TNI AD untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

Apabila memutar rekam jejak pengabdian Kodam XIV/Hasanuddin, khususnya satu tahun terakhir ini, akan tampak visualisasi pengabdian prajurit Kodam XIV/Hasanuddin bersama-sama dengan rakyat dalam melanjutkan pembangunan bangsa Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.

Dalam bidang pengamanan satuan, Kodam telah melakukan berbagai upaya di antaranya mencegah dan membentengi institusi TNI AD dari peredaran narkoba ditempuh dengan melaksanakan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Sementara di bidang operasi, secara rutin mengirim satuannya ke daerah operasi baik misi penugasan dalam negeri maupun misi penugasanluar negeri.

Dalam misi penugasan operasi luar negeri, khusus untuk tahun 2020 sampai dengan 2021, Kodam XIV/Hasanuddin telah mengirim Yonif 726/Tamalate bergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-N United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) untuk mengembang misi perdamaian di Lebanon.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: