5 Direksi Perusda Makassar Dicopot, Danny Pomanto: Ini Perombakan Total

Muhammad Arham Hamid ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 08:30:00 WITA
5 Direksi Perusda Makassar Dicopot, Danny Pomanto: Ini Perombakan Total
Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat meninjau lokasi banjir. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id – Wali Kota Ramdhan (Danny) Pomanto menilai pencopotan lima direksi perusahaan daerah (perusda) di Makassar bukan lah pembubaran, tapi perombakan total. Sebab kinerja mereka dianggap kurang maksimal.

Adapun lima perusda yang dicopot yakni PDAM, Perumda Parkir, PD Pasar, PD Terminal, PD RPH dan PD BPR. Kebijakan ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Makassar tentang Tim Percepatan Penataan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Peraturan Wali Kota (Perwali) Makassar tentang Percepatan Penataan BUMD.

Selain mencopot lima direksi dan seluruh Dewas, seluruh kantor perusda tersebut juga disegel. Penyegelan dilakukan oleh Satpol PP Makassar.

"Ini bagian dari upaya mengevaluasi kinerja seluruh perusda. Bukan pembubaran, tapi perombakan total perusda," kata Danny Pomanto di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (7/11/2021).

Menurut dia, sejauh ini kinerja direksi dan dewan pengawas tidak begitu maksimal. Bahkan, deviden seluruh perusda sangat minim. Rencananya perusda ini akan berganti status BLUD.

"Ada usulan perseroda ada juga usulan tentang BLUD. Nah, ini perlu studi yang matang terkait mana yang baik diterapkan," katanya.

Tim Percepatan Penataan BUMD akan bertanggung jawab atas enam perusda, PDAM, Perumda Parkir, PD Pasar, PD Terminal, PD RPH dan PD BPR. Tim ini diketuai oleh Sekretaris Kota Makassar Muhammad Ansar.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: