4 Tahanan Kabur dari Polda Sulsel Tertangkap, 1 Pelaku Dilumpuhkan Polisi

Yoel Yusvin ยท Jumat, 03 April 2020 - 13:45 WIB
4 Tahanan Kabur dari Polda Sulsel Tertangkap, 1 Pelaku Dilumpuhkan Polisi
Seorang tahanan kabur dari Rutan Polda Sulsel ditembak polisi. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Polisi menangkap seorang tahanan narkoba kabur yang dari ruang tahanan Mapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Kota Makassar. Pelaku terpaksa dilumpuhkan petugas karena berusaha kabur ketika akan diamankan.

Tahanan atas nama Reshky alias Kiki merupakan satu dari 15 orang tahanan narkoba yang kabur dan dapat kembali ditangkap polisi. Dia diamankan saat berada di rumah orang tuanya di Kabupaten Pinrang.

"Dengan menangkap tahanan atas nama Kiki, petugas telah mengamankan sebanyak empat orang tahanan kabur," kata Panit Timsus Narkoba Polda Sulsel, Iptu Andi Sardi, di RS Bhayangkara Makassar, Sulsel, Jumat (3/4/2020).

Pelaku Kiki juga diduga sebagai otak pelarian para tahanan di ruang tahanan Mapolda Sulsel. Dia bertugas memantau penjagaan petugas dan membiarkan teman-temannya turun dari lantai 3 ruang tahanan.

"Dia juga bersama sejumlah teman-temannya merencanakan kabur dan mengajak beberapa tahanan lain kabur," ujar dia.

Proses perencanaan kabur ini sudah dimatangkan oleh Kiki dan beberapa tahanan lainnya selama tiga pekan terakhir dan akhirnya mereka beraksi pada Minggu (29/3/2020) lalu.

Polisi terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkan pelaku, karena dia mencoba kabur ketika petugas meminta dia menunjukkan keberadaan rekan-rekan lainnya yang kabur dari ruang tahanan Polda.

"Jadi pelaku ini mencoba melarikan diri ketika kami minta menujukkan keberadaan teman-temannya. Karena itu petugas mengambil tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku Kiki," ujar dia.

Saat ini polisi masih memburu 11 orang tahanan kabur lainnya. Indentitas dan keberadaan mereka sudah diketahui. Saat ini tinggal menunggu waktu untuk menangkap belasan tahanan narkoba yang kabur tersebut.

Sebelumnya 15 orang tahanan di Mapolda Sulsel melarikan diri dari ruang tahanan. Mereka kabur dari lantai 3 dengan mengikat sejumlah kain sarung untuk dipakai sebagai pegangan turun dan kabur dari Mapolda Sulsel.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal