15 Tahanan di Mapolda Sulsel Kabur, Diduga karena Kelalaian Petugas

Sindonews, Faisal Mustafa ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 13:55 WIB
15 Tahanan di Mapolda Sulsel Kabur, Diduga karena Kelalaian Petugas
Ilustrasi ruang tahanan polisi. (Foto: Dok iNews).

MAKASSAR, iNews.id - Sebanyak 15 tahanan kabur dari ventilasi penjara Mapolda Sulawesi Selatan (Sulsel). Kondisi ini terjadi diduga karena adanya kelalaian petugas yang berjaga.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo, membenarkan adanya 15 tahanan kabur. Mereka merupakan tahanan narkoba yang kabur dengan menjebol ventilasi udara.

"Benar. Kabur lewat tralis ventilasi di lantai tiga ruang tahanan. Ada kelalaian anggota," kata Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi wartawan di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (31/03/2020).

Dia menjelaskan, belasan tahanan itu memanjat tembok ruang tahanan menggunakan sarung. Kemudian menjebol ventilasi udara sel narkoba yang terletak di lantai tiga Ditreskrimum Polda.

Para tahanan baru ini melakukan aksinya pada Minggu (29/3/2020) sekira pukul 04.40 WITA atau subuh hari. Mereka memang berada dalam satu ruang tahanan, namun kasus berbeda-beda.

"Tahanan baru semua, itu sementara dipersiapkan berkasnya untuk dikirim ke kejaksaan ke JPU. Mereka kasus narkoba berbeda-beda, bukan satu jaringan," ujar dia.

Dia mengaku, kejadian ini murni disebabkan kelalaian anggota. Ibrahim menyebut ada beberapa standar prosedur yang tidak dijalankan anggota jaga atau piket saat itu.

"Memang standar prosedurnya ada yang dilanggar. Kalau standar prosedurnya dilaksanakan ketat, tidak akan kabur seperti ini," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal