3 Spesialis Pencuri Sapi Warga Ditangkap, Pelaku Beraksi di Kampung Sendiri

M Reza Pahlevi · Selasa, 13 April 2021 - 13:40:00 WITA
3 Spesialis Pencuri Sapi Warga Ditangkap, Pelaku Beraksi di Kampung Sendiri
Polres Wajo menggelar konfresi pers pencurian sapi. (Foto: Sindonews).

WAJO, iNews.id - Polisi menangkap tiga terduga maling hewan ternak di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka kerap mengincar sapi-sapi milik warga yang digembala di kebun tanpa pengawasan.

Tiga pelaku merupakan warga Kecamatan Majauleng bernama Lapajung (43), Mukhsin (47), dan Sulkarnaeni (41). Mereka beraksi di kampungnya sendiri sejak 2020 lalu.

"Ketiga pelaku komplotan spesialis pencurian sapi. Beraksi sejak 2020, namun baru ini berhasil ditangkap," kata Kapolres Wajo, AKBP M Islam Amrullah, Senin (12/4/2021).

Mereka beraksi di Desa Tajo, Kecamatan Majauleng pada Agustus 2020 lalu. Mereka berhasil mengambil tiga ekor sapi korban yang digembalakan di kebun tanpa penjagaan.

Kemudian di Desa Cinnongtabi, Kecamatan Majauleng pada Desember 2020 lalu. Ketiganya menggondol seekor sapi yang ditambatkan di dekat rumah pemiliknya.

Aksi pencurian sapi terakhir mereka lakukan di Dusun Benceng-bencenge, Desa Tajo. Mereka berhasil membawa kabur tiga ekor sapi yang ditambatkan di area persawahan.

"Pada umumnya pelaku mengambil sapi milik korban yang disimpan di dekat rumah korban sendiri yang dilakukan pada malam hari," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal