2 Pengendara Motor di Perbatasan Makassar-Gowa Positif Corona Hasil Rapid Test

Sindonews, Herni Amir ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 15:40:00 WITA
2 Pengendara Motor di Perbatasan Makassar-Gowa Positif Corona Hasil Rapid Test
Pemberlakuan PSBB di Gowa. (Foto: Antara).

GOWA, iNews.id - Dua pengendara motor yang melintas di perbatasan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa diduga terpapar virus corona. Hasil rapid test keduanya reaktif dan langsung diminta melakukan isolasi mandiri.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gowa, dr Gaffar mengatakan, mereka mengikuti pemeriksaan rapid test di pos perbatasan. Hasilnya ternyata reaktif viris corona.

"Dua yang positif reaktif, satu warga Gowa dan satunya warga Makassar. Pemeriksaan dilakukan di hari kedua PSBB," kata Gaffar saat dikonfirmasi di Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu (6/5/2020).

Berdasarkan hasil wawancara petugas kesehatan di pos pengamanan, kata dia, kedua warga mengakui memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19. Karena itu mereka langsung diminta melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Untuk warga kita, besok rencananya tes swab. Kita berharap tetap mengisolasi diri, karena bisa jadi yang bersangkutan sebagai carier dan punya potensi menyebarkan Covid-19, atau masuk kategori OTG," ujar dia.

Menurut dr Gaffar, meski kedua orang tersebut dinyatakan positif reaktif berdasarkan rapid test, bukan menjadi penentu utama mereka terinfeksi Covid-19. Sebab pemeriksaan itu hanya deteksi dini saja, dan kepastiannya dari hasil swab.

Dia mengatakan, pemeriksaan seperti ini akan terus dilakukan selama PSBB. Bahkan rapid test juga akan dilakukan kepada mereka yang terjaring razia polisi saat pembatasan jam malam.

"Tadi malam bersama Polres Gowa kita juga sudah periksa lebih 100 orang yang terjaring razia. Alhamdulillah hasilnya negatif semua," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: