Viral Warga Binaan Demo di Lapas Kota Parepare, Protes Dugaan Pungli (Foto: Tangkapan layar)
Erwin Eka Pratama

PAREPARE, iNews.id - Video warga binaan berdemo di Lembaga Pemasyarakatan Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) viral di media sosial. Terdengar mereka memprotes petugas lapas karena dugaan masalah pungli.

Dalam video berdurasi 1 menit 35 detik itu memperlihatkan warga binaan yang prote diduga mengambil pungutan biaya kepada para warga binaan. 

Kasimin Kamtib Lapas Kota Parepare mengatakan, Andi Baso mengatakan, demo itu berawal dari karena seorang warga binaan yang hendak keluar membesuk anaknya. Saat upaya itu sempat terkendala karena tidak melengkapi prosedur.

Namun, keesok harinya warga binaan tersebut diizinkan membesuk anaknya karena sudah ada penjamin.

"Pada hari itu ada yang memohon untuk keluar ingin membesuk anaknya yang sedang sakit, tapi itu belum memenuhi prosedur," kata Andi Baso, Senin (1/8/2022).

"Jadi ada prosedur administrasi, ada penjaminnya. Pada saat itu diusahakan sampai tertunda keesok harinya. Setelah lengkap besoknya langsung diizinkan menengok anaknya," ucapnya lagi.

Terkait dugaan pungli, Andi menegaskan jika terbukti ada, maka pelaku akan disanksi. Namun, sejauh ini dia memastikan pungli di lapas itu tindakan dilarang.

"Soal pungli itu sudah jelas tidak boleh dan itu ada sanksi jika bisa dibuktikan," ucap Andi.

Sementara Kalapas Parepare yang hendak di konfirmasi tidak berada di lokasi karena sedang di luar kota. Pihak lapas belum melakukan tindak lanjut atas video yang beredar tersebut.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT