Lokasi titik longsor di Jalan Trans Sulawesi poros Sulsel dan Sulteng tepatnya di Kabupaten Luwu Timur. (Foto : LutraiNews/Andi Makkasau)
Tim iNews.id, Fitra Budin

LUWU, iNews.id - Akses jalan Trans Sulawesi tepatnya di jalur poros Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah sempat terputus akibat longsor. Titik longsor ini terjadi di Dusun Mabungka, Desa Kasintuwu, Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur, Selasa (30/8/2022).

Operator Pelaksana Teknis Tugas Pusdalops BPBD Luwu Timur Asep menjelaskan, ada dua titik longsor yang berjarak sekitar 100 meter. Bencana tersebut mengakibatkan badan jalan tertutup material longsor sepanjang kurang lebih 30 meter.

"Terparah berada di titik longsor kedua di batas Dusun Mabungka dan Dusun Mangkulande (poros Sulsel-Sulteng)," ujarnya, Rabu (31/8/2022).

Akibat bencana tersebut, ratusan kendaraan dari kedua arah mengalami kemacetan panjang. Selain membawa lumpur, longsor juga mengakibatkan jaringan listrik tertimpa hingga memicu pemadaman.

Informasi terkini, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut. Namun pengguna kendaraan yang hendak melintas diminta agar berhati-hati.

"Saat ini telah dilakukan koordinasi dengan aparat desa setempat untuk pengerahan alat berat dari BPJN (Balai Pengelola Jalan Nasional) dan PT Panel Utama di lokasi longsor," katanya.

Asep menambahkan, kondisi cuaca Luwu Timur hingga masih didominasi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

"Lalu lintas di lokasi tanah longsor saat ini telah lancar kembali. Kami imbau untuk tetap berhati-hati mengingat kondisi tanah yang labil di area tersebut," ucapnya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT