Ilustrasi lokasi wisata negeri di atas awan. (Foto:Ist)
Azizah Refifa Aqsha

JAKARTA, iNews.id - Lokasi wisata negeri di atas awan dapat dijadikan pilihan untuk mengisi waktu libur di akhir pekan. Pemandangan langit yang luas dapat menghilangkan penat setelah sepekan bekerja.

Di dalam buku Forest Bathing, How Trees Can Help You Find Health and Happiness, dikatakan bahwa memandangi alam terbuka selama lima menit pada hari Minggu dapat menghilangkan rasa stress.

Lalu di mana saja lokasi wisata negeri di atas awan yang ada di Indonesia:

Kebun Buah Mangunan

Jika berkunjung ke Jogja, destinasi wisata yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Letaknya tidak jauh dari pusat kota dan dapat ditempuh dengan kendaraan dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam.

Kebun buah mangunan memiliki pesona alam yang sangat indah. Dari atas perbukitan kita dapat menyaksikan aliran Sungai Oya yang membentang membelah perbukitan di sekitarnya. 

Jika berkunjung disaat musim buah pengunjung juga dapat merasakan pengalaman memetik buah secara langsung seperti buah jambu biji, sirsak, rambutan, jeruk hingga mangga.

Kebun Buah Mangunan buka setiap hari mulai pukul 05.30–10.00 WIB dan pukul 14.00 – 17.30 WIB. Dengan merogoh kocek Rp5.000 di hari biasa dan Rp6.000 untuk akhir pekan dan libur nasional sudah bisa menikmati keindahan alam di kebun buah mangunan.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi ini terletak di Jawa Tengah dan menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa. Sepanjang perjalanan menuju dataran tinggi pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan hijau yang menyegarkan mata.

Di dataran tinggi dieng juga banyak objek wisata yang dapat dikunjungi seperti objek wisata Sikunir, Candi Arjuna, kawah Sikidang, Kawah Sileri, Telaga Merdada dan juga Telaga Warna.

Nepal Van Java

Lokasi wisata negeri di atas awan selanjutnya juga terletak di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Magelang. 

Pemandangan alam di lokasi wisata ini terlihat seperti gunung Everest yang menjadi latar belakang Nepal. 

Selain itu, susunan rumah warga yang bertumpuk sekilas tampak seperti pedesaan di nepal. oleh karena itu, masyarakat menjuluki pegunungan ini dengan nama Nepal Van Java.

Pemandangan lereng gunung Sumbing yang mempesona juga akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan jika berkunjung ke Nepal Van Java.

Desa Wae Rebo

Selain pulau Jawa, Nusa Tenggara Timur  juga memiliki keindahan negeri di atas awan yang dapat dikunjungi jika berlibur ke NTT. Salah satunya yaitu Desa Wae Rebo.

Desa Wae Rebo terletak di pegunungan terpencil di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Manggarai. Perjalanan menuju desa ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh selama 3 jam. 

Sesampainya di desa ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang mempesona dan rumah-rumah adat khas NTT yang memanjakan mata.

Gunung Luhur 

Ingin menyaksikan keindahan matahari terbit dari ketinggian?. Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk dijadikan pilihan.

Dari pegunungan ini kita dapat menyaksikan gumpalan awan putih dan matahari yang berwarna jingga bergerak naik ke permukaan. 

Oleh karenanya tidak heran jika tempat ini diberi julukan negeri di atas awan. Agar tidak melewatkan momen matahari terbit ini, setidaknya pengunjung sudah harus berada di lokasi antara pukul 05.00-08.00 WIB. 

Namun, jangan khawatir jika datang setelah waktu tersebut, karena pengunjung tetap bisa menyaksikan keindahan lembah citorek dari ketinggian.

Selain menikmati pemandangan awan yang indah, pengunjung juga disediakan berbagai spot foto untuk mengabadikan momen selama berada di Gunung Luhur.

Tongkonan Lempe

Lokasi Wisata negeri di atas awan selanjutnya datang dari tanah Toraja yaitu Tongkonan Lempe. Tongkonan Lempe terletak di Toraja Utara berjarak 11 km dari pusat Kota Rantepao.

Tongkonan Lempe yang juga dikenal dengan nama Lolai merupakan pemukiman rumah adat Toraja Utara yang kemudian dijadikan objek wisata untuk berburu foto bahkan sekedar menikmati pemandangan oleh masyarakat.

Desa Mantar

Negeri di atas awan selanjutnya yaitu Desa Mantar di Sumbawa Barat. Desa Mantar merupakan pedesaan yang terletak 585 meter dari permukaan laut. Uniknya, di desa ini terdapat 7 orang penduduk Albino yang jumlahnya selalu sama tidak bertambah maupun berkurang.

Dari desa ini kita dapat menyaksikan keindahan pulau lombok dari ketinggian yang sekelilingnya dihiasi pemandangan lembah hijau yang menakjubkan.

Untuk wisatawan yang ingin menginap di Desa Mantar juga tersedia jasa penyewaan tenda-tenda dengan harga yang terjangkau.

Itulah 7 lokasi wisata negeri di atas awan yang wajib dimasukkan ke daftar liburan di akhir pekan.


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT