Petugas gabungan saat melakukan pencarian terhadap Serda Amiruddin yang terbawa arus saat cari korban tenggelam. (Foto: Jufri Tonapa/iNes)
Jufri Tonapa

TORAJA UTARA, iNews.id - Seorang anggota TNI di Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), bernama Sersan Dua (Serda) Amiruddin hilang terbawa arus saat melakukan pencarian warga yang tenggelam di sungai di Lembang Lempo Poton, Kecamatan Rindingallo, Selasa (10/11/2022). Korban diketahui bertugas sebagai Babinsa di Koramil 1414-03 Rindingallo. 

Kejadian yang dialami Serda Amiruddin berawal saat ia melakukan pencarian terhadap seorang ibu bernama Palungan yang hilang terbawa arus sungai.  

Saat pencarian, korban melihat ada kayu yang tertancap di dalam sungai dan beranggapan bahwa itu sebagai petunjuk.

Kemudian, ia menuju ke lokasi kayu tersebut. Namun, sebelum memegang kayu yang dianggap sebagai petunjuk Serda Amiruddin terpeleset dan terbawa arus sungai.

"Baru satu mayat yang ditemukan atas nama Ibu Palungan. Sementara, untuk Serda Amiruddin masih dilakukan pencarian," kata Sekretaris BPBD Tana Toraja, Kamis (10/11/2022).

Jasad korban pertama ditemukan tersangkut di ranting pohon di Pinggiran Sungai Maiting, Lembang Ampang Batu sekitar empat kilo meter dari lokasi korban tenggelam tidak jauh dari rumahnya. Jasad telah dievakuasi oleh petugas dan disemayamkan di rumah duka.

Saat ini, petugas gabungan TNI-Polri bersama BPBD Toraja Utara, dan SAR gabungan serta masyarakat sekitar melakukan pencarian dengan menggunakan peralatan seadanya, dengan menyelam menggunakan tali, dan menyisir pinggiran sungai di lokasi hanyutnya korban. 

"Proses pencarian masih dilakukan, dan mudah-mudahan cepat ditemukan," ungkapnya.


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT