Waspadai Dampak La Nina, Curah Hujan di Sulsel Diprediksi Meningkat Akhir 2020

Muhammad Arham Hamid ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:50 WITA
Waspadai Dampak La Nina, Curah Hujan di Sulsel Diprediksi Meningkat Akhir 2020
Pertemuan gubernur dengan BBMKG membahas perkembangan La Nina di Sulsel. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus mengamati perkembangan fenomena La Nina pada akhir 2020. Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) diprediksi akan mengalami peningkatan curah hujan 20-40 persen di atas normal.

"Ini sekarang La Nina, yaitu peningkatan curah hujan yang tinggi sedang meningkat, dari indeks lemah ke moderat," kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (17/10/2020).

Untuk saat ini, kata dia, Sulsel belum masuk sepenuhnya musim hujan. Namun Pulau Jawa sudah terjadi peningkatan musim hujan, sehingga dampaknya perlu diantisipasi.

Perkiraannya, Sulsel baru masuk musim hujan pada akhir 2020 hingga awal 2021. Sementara di wilayah pantai barat dimulai sejak awal November mendatang.

Adanya puncak musim hujan dan ada pengaruh La Nina perlu diantisipasi oleh seluruh stakeholder. BMKG sendiri sudah siap dengan sistem peringatan dini yang disebar di seluruh daerah untuk memantau perkembangan cuaca.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Maros, Hartanto mengatakan, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait perlu mengantisipasi dampaknya di berbagai sektor. Khususnya daerah-daerah yang dilintasi aliran sungai.

"Ini diperlukan untuk mengoptimalisasi tata kelola air terintegrasi dari hulu hingga hilir," imbuhnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal