Waspada Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Pesisir Sulsel

Okezone ยท Senin, 31 Desember 2018 - 11:32 WIB
Waspada Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Pesisir Sulsel
Ilustrasi gelombang tinggi (Foto: Okezone).

MAKASSAR, iNews.id - Warga yang berada di pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) diminta waspada terhadap potensi gelombang tinggi pada malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018).

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Sulsel, Siswanto mengatakan, warga yang tinggal di kepulauan atau di pesisir pantai harus berhati-hati. Terutama yang tengah berada di laut, seperti nelayan yang pakai perahu kecil

"Hati-hati juga untuk jalur penyeberangan laut," kata Siswanto kepada wartawan saat di Kota Makassar, Sulsel.

BACA JUGA: Nelayan di Kupang Diminta Waspada Gelombang Tinggi

Namun, kata dia, tinggi gelombang sudah turun 1,25 meter hingga 2,5 meter yang sebelumnya hingga 4,0 meter. Namun tetap saja berbahaya bagi perahu-perahu nelayan.

Warga atau nelayan diminta untuk waspada dengan gelombang tinggi terjadi di Selat Makassar bagian selatan. Selain itu, kata Siswanto, di Perairan Kepulauan Sabalana, Perairan Selayar, Teluk Bone bagian utara dan Teluk Bone bagian selatan, Laut Flores.

Siswanto menyebutkan prediksi cuaca pada jelang malam pergantian tahun, pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Kabupaten Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Bulukumba, Sinjai, Selayar, dan Kota Makassar.

BACA JUGA: Ini Prakiraan Tinggi Gelombang 7 Perairan Pelabuhan Lampung dan Merak

Siang hari berpotensi hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, dan hujan sedang di wilayah Masamba, Belopa, Palopo.

"Kecuali berawan di wilayah Sengkang, Watampone, Watansoppeng," kata Siswanto.

Selanjutnya, pada malam hari cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Masamba, Malili, Palopo, Belopa, Rantepao, Makale. Kecuali kata Siswanto hujan sedang di wilayah Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal