Warga Tana Toraja Geger Penemuan Kerangka Manusia, Korban Sempat Dinyatakan Hilang 1 Bulan

Sindonews, Joni Lembang ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 19:35 WIB
Warga Tana Toraja Geger Penemuan Kerangka Manusia, Korban Sempat Dinyatakan Hilang 1 Bulan
Polisi melakukan olah TKP penemuan kerangka manusia di perkebunan warga Tana Toraja. (Foto: Sindonews).

TORAJA, iNews.id - Warga di Kampung Karappa, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) digegerkan dengan penemuan kerangka manusia di area perkebunan warga. Identitas korban diduga Ta'dung (60), warga yang sempat dinyatakan hilang sejak awal Januari 2020 lalu.

Kapolsek Rembon, AKP Martinus Pararuk, membenarkan penemuan kerangka manusia di area Kampung Bottong, Desa Palesan, Kecamatan Rembon. Petugas juga sudah mendatangi lokasi dan melakukan olah TKP di sana.

"Lokasinya di perkebunan, sekitar dua kilometer dari pemukiman warga," kata AKP Martinus kepada wartawan di Kabupaten Tana Toraja, Sulsel, Kamis (27/2/2020).

Penemuan tulang belulang manusia itu spontan membuat warga setempat sempat heboh. Mereka ramai-ramai mendatangi lokasi kejadian untuk melihat langsung kerangka korban dan siapa identitasnya.

"Dari pakaiannya, warga meyakini korban merupakan warga Kampung Karappa bernama Ta'dung yang dinyatakan hilang dan meninggalkan rumah sejak tanggal 5 Januari 2020 sekitar pukul 23.00 WITA lalu," ujar Martinus.

Kerangka Ta'dung pertama kali ditemukan seorang warga bernama Martha (50) yang hendak membersihkan kebun kopi. Ketika itulah dia mendapati tengkorak manusia. Penemuan itu dilaporkan ke kepala kampung.

"Jasadnya masih terbungkus pakaian dan sarung," ujarnya.

Keluarga Ta'dung menolak dilakukan autopsi dan menyatakan menerima dengan ikhlas kejadian tersebut. Mereka juga meyakini kalau kerangka itu merupakan keluarganya yang selama ini dicari-cari.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal