Wali Kota Makassar Terpilih Jadi Ketua Umum Akkopsi

Indra OY ยท Selasa, 12 Desember 2017 - 22:29 WIB
Wali Kota Makassar Terpilih Jadi Ketua Umum Akkopsi
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto saat menerima pataka setelah terpilih menjadi Ketua Akkopsi 2017. (Foto: iNews.id/Indra OY)

MAKASSAR, iNews.id – WaIi Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) di acara City Sanitation Summit (CSS) XVII dan Munas Akkopsi 2017, yang berlangsung di Kota Makassar, 11 hingga 13 Desember 2017.

Terpilihnya Danny, sapaan akrab Mohammad Ramdhan Pomanto sebagai ketua Periode 2018-2021, tak lepas dari pencapaian Kota Makassar sebagai kota yang sangat peduli sanitasi. Ini dibuktikan dengan raihan penghargaan Sanipura Award 2016, serta beberapa penghargaan lainnya.

Danny mengatakan, dengan terpilihnya dia sebagai ketua Akkopsi selama empat tahun ke depan, tentu akan memberikan keuntungan bagi Kota Makassar, khususnya dalam hal peningkatan dan penataan sanitasi. “Saya dan teman-teman masih perlu banyak belajar. Amanah ini akan saya jalankan dengan sebaik-baiknya,” ucap Danny, Selasa (12/12/17).

Dia menuturkan, terkait persoalan sanitasi, tantangan di berbagai daerah kabupaten/kota akan semakin berat. Hal ini seiring dengan kian pesatnya pertumbuhan populasi penduduk. Kondisi ini menuntut tiap daerah untuk mampu mengatasi berbagai masalah terkait sanitasi lingkungan. “Ke depan, aliansi organisasi Akkopsi ini harus menjadi lebih kuat dalam menjalankan tugas masing-masing di kotanya dan membentuk jaringan baik di luar negeri maupun di dalam negeri,” katanya.

Selain itu, Danny yang merupakan bakal calon (balon) Wali Kota Makassar yang kembali maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2018 melalui jalur perseorangan mengatakan, Makassar merupakan kota potensial yang tengah berkembang pesat. “Kita (Makassar) membutuhkan konsep yang tepat untuk penataan tata kota serta sistem sanitasi lingkungan yang ramah lingkungan. Sejak saya memimpin, saya telah menerapkan sistem sanitasi lingkungan yang tepat untuk kota ini,” tuturnya.

Untuk pertama kalinya Makassar menjadi tuan rumah dalam Munas Akkopsi, yang diikuti sebanyak 800 kepala daerah kabupaten/kota. Danny berharap melalui pertemuan ini, dapat melahirkan sebuah inovasi dan terobosan baru dalam memecahkan persoalan sanitasi di Indonesia. Kemudian, secara bersama-sama meningkatkan kualitas pembangunan di daerah masing-masing, terutama pada bidang penataan sanitasi.


Editor : Kurnia Illahi