Viral Aksi Heroik Perwira Polisi Selamatkan Korban Sengketa Lahan di Pinrang Sulsel

Ichsan Anshari ยท Senin, 11 November 2019 - 00:04 WIB
Viral Aksi Heroik Perwira Polisi Selamatkan Korban Sengketa Lahan di Pinrang Sulsel
Kapolsek Cempa Iptu Akbar berupaya menenangkan massa bersenjata tajam yang menuai simpati masyarakat di Pinrang, Sulsel. (Foto: iNews/Ichsan Anshari)

PINRANG, iNews.id – Jagat maya dibuat bergidik menyaksikan video viral suasana sengketa lahan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Dalam rekaman itu, tampak seorang warga dalam posisi terkapar dikepung belasan massa bersenjata tajam.

Di antara warga dan massa, tampak seorang berseragam Polri dengan pangkat lambang dua balok duduk bersimpuh. Dia meminta massa untuk berhenti melakukan penganiayaan terhadap warga dalam kondisi sudah tak berdaya.

Aksi heroik perwira pertama Polri ini pun viral di media sosial dan menuai simpati masyarakat. Belakangan diketahui perwira tersebut merupakan Kapolsek Cempa Iptu Akbar.

“Itu merupakan tindakan yang sangat berani. Saya bilang itu aksi heroik polisi untuk menyelamatkan orang yang sudah tak berdaya. Dia mampu menenangkan massa dalam situasi seperti itu,” ujar Rahmat, warga setempat, Minggu (10/11/2019).

Diketahui, dalam video berdurasi 50 detik tersebut, Ipda Akbar duduk bersimpuh di tengah massa. Massa ini membawa berbagai senjata tajam, beberapa bahkan tampak hendak mencabut parang dari sarungnya.

Namun dengan kerendahan diri dan keberanian Ipda Akbar, emosi massa yang menyasar seorang warga akhirnya bisa mencair. Beberapa di antara mereka bahkan ikut terdorong untuk menenangkan yang lainnya agar tidak anarkistis.

“Aksi heroik seperti ini patut juga ditiru polisi lainnya dalam melerai massa yang bertikai,” katanya.


Editor : Donald Karouw