Video Sosialisasi Istri Camat Singgung Isu SARA Beredar di Medsos

Sindonews ยท Minggu, 27 Mei 2018 - 01:19:00 WITA
Video Sosialisasi Istri Camat Singgung Isu SARA Beredar di Medsos
Istri Camat Panakkukang, Makassar, Haslinah Said dg Caya (kiri ujung) bersama ibu-ibu Majelis Taklim di Kelurahan Pampang, Kamis (24/5/2018). (Foto: IST)

MAKASSAR, iNews.id –Video sosialisasi istri Camat Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh Thahir Rasyid, yakni Haslinah Said dg Caya yang isinya menyinggung isu SARA beredar di media sosial (medsos). Video berisi dialog antara Haslinah dengan ibu-ibu Majelis Taklim di Kelurahan Pampang saat acara berbuka puasa bersama ini mendapat banyak tanggapan dari netizen.

Seperti yang diunggah oleh akun Facebook bernama Asmira Kasim di grup Pilwali Makassar 2018, Kamis (24/5/2018). Unggahan tersebut pun mendapat komentar dari sejumlah netizen. “Berarti yang nonmuslim jangan pilih nomor 1 atau bagaimana,” ujar Ria Lalang, mengomentari postingan tersebut.

Komentar itu kemudian direspons pemilik akun, Asmira Kasim. Dia meminta yang mengomentari untuk menyimak kembali video berdurasi 1,38 menit tersebut. “Dengarki saja di vidio apa yg disampaikan ibu camak. Lihatki saja di vidio paslon walikota Acu tdk mau kalau ada lurah nonmuslim di kota Makassar,” sebutnya.

Selanjutnya, unggahan ini dikomentari netizen lain, Syarif Sari. “Up Truss ini sdh mengandung unsur sara dan agama,” ujarnya.

Pada video yang beredar tersebut, Haslinah menyampaikan kepada ibu-ibu Majelis Taklim di Kelurahan Pampang, bakal ada pesta demokrasi yang akan berlangsung di Kota Makassar. Berikut pernyataan lengkapnya, “Tanggal 27 nanti kita ada pesta demokrasi yaitu pemilihan wali kota. Perlu dicatat pemilihan wali kota bukan pemilihan kotak kosong. Tapi saya tidak kampanye, saya cuman menyampaikan pemilihan wali kota bukan kotak kosong,” ujarnya.

Selanjutnya Haslinah memperjelas jika di Pilwalkot Makassar 2018 hanya ada satu pasangan calon (paslon). “Calon kita itu sekarang calon tunggal dan ibu-ibu bisa mengetahui arahnya Makassar kita ke depan yang bisa membawa kita, membawa khususnya Pampang ke arahnya yang lebih baik,” katanya.

Pada detik ke-36 hingga 43 video, Haslinah menyinggung soal isu SARA terkait dengan kepemimpinan Lurah Pampang yang nonmuslim. “Karena sepengetahuan saya sudah beberapa periode dipimpin oleh orang nonmuslim. Oleh karena itu, saya berharap kalau mau mendapat pemimpin Muslim, coblos nomor satu. Saya janji ibu-ibu mau lurahnya Muslim coblos nomor 1, kita lengserkan yang nonmuslim,” ujar Haslinah.

Saat ini, Lurah Pampang memang dijabat oleh pemimpin nonmuslim, yakni Zahra Bonde. Informasi yang diperoleh, sosialisasi Pilwalkot Makassar tersebut berlangsung di salah satu rumah anggota Majelis Taklim di wilayah RT2/RW4, Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakkukang, saat acara buka puasa bersama, Kamis (24/5/2018) sore.

Editor : Maria Christina

Follow Berita iNewsSulsel di Google News

Bagikan Artikel: