Video Detik-Detik Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang di Jeneponto

Bugma ยท Kamis, 24 Januari 2019 - 17:43:00 WITA
Video Detik-Detik Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang di Jeneponto
Sebuah rumah panggung di Limbang Loe, Binamu, Jeneponto, Sulsel hanyut terbawa banjir bandang. (Foto: iNews.id/Bugma)

JENEPONTO, iNews.idBanjir bandang yang melanda belasan kecamatan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (23/1/2019) lalu, memaksa ribuan warga mengungsi ke sejumlah lokasi.

Dahsyatnya banjir bandang bahkan mengakibatkan sebuah rumah hanyut terbawa arus hingga 100 meter. Detik-detik rumah panggung yang atapnya terbuat dari seng itu hanyut terekam video amatir warga. Rumah tersebut diketahui milik seorang warga di Lingkungan Lembang Loe, Kecamatan Binamu. Rumah panggung itu hancur setelah menghantam jembatan.

Dalam video itu, sejumlah warga terutama ibu-ibu menjerit histeris melihat peristiwa tersebut. Selain rumah, ratusan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil milik warga rusak akibat terendam banjir setinggi empat meter. Banjir tersebut juga menewaskan 10 orang dan ribuan lainnya mengungsi.

Korban banjir, Awing mengatakan, banjir bandang terparah terdapat di Kecamatan Binamu. Di wilayah ini, kata dia, tercatat ada 30 rumah rusak berat dan ratusan unit lainnya rusak sedang. Selain itu, ratusan hewan ternak juga hanyut terbawa banjir.

“Sampai sekarang belum ada penanganan, saya harapkan Pemkab Jeneponto ini ambil tindakan bantu pengungsi. Warga ada yang ngugsi ke tempat keluarga dan tempat yang lebih aman dari banjir,” katanya, Kamis (24/1/2019).

Editor : Kastolani Marzuki