Unhas Makassar Siapkan Fasilitas Karantina Covid di Asrama Mahasiswa

Antara ยท Senin, 09 Agustus 2021 - 12:05:00 WITA
Unhas Makassar Siapkan Fasilitas Karantina Covid di Asrama Mahasiswa
Universitas Hasanuddin Makassar. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyediakan fasilitas karantina bagi civitas akademika yang terpapar Covid-19. Tempat isolasi terpusat ini berada di sekitar area kampus negeri tersebut.

Ketua Satgas Covid-19 Unhas, Prof dr Budu mengatakan, tempat karantina khusus ini disiapkan karena tidak sedikit warga Unhas yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri.

"Kamis siapkan di Asrama Mahasiswa (Ramsis) Unhas. Lokasi ini dipilih karena strategis, berdekatan dengan dua rumah sakit dan posko Satgas Covid-19 Unhas," kata Prof Budu di Kota Makassar, Sulsel, Senin (9/8/2021).

Selain itu Ramsis Unhas memiliki kamar yang memadai untuk melakukan isolasi mandiri, didukung dengan interior lengkap serta jauh dari keramaian. Untuk tahap awal ada 40 kamar yang disiapkan.

Menurut dia, kamar-kamar ini sudah direnovasi untuk rencananya digunakan oleh mahasiswa internasional. Bila permintaan melonjak, Satgas Covid-19 Unhas akan menyiapkan blok asrama lainnya.

Bagi civitas akademika yang ingin melakukan isolasi di area yang telah disediakan ini, kata dia, prosedurnya yakni hasil swab PCR positif dan kemudian melaporkannya melalui link pendaftaran online Satgas Covid-19 Unhas.

"Atau bisa juga melaporkannya langsung di posko Ramsis Unhas," katanya.

Area karantina Unhas akan memberikan layanan seperti swab secara berkala, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat dan vitamin sesuai indikasi, konsumsi dan layanan laundry.

Serta antar jemput pasien termasuk rujukan ke rumah sakit, pengelolaan sampah medis dan sampah lainnya, pengantaran kiriman keluarga, instruktur senam serta beberapa layanan lainnya yang mendukung proses isolasi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: