Tukang Bangunan di Pinrang Temukan Patung Mirip Manusia saat Gali Tanah

Ichsan Anshari ยท Minggu, 09 Februari 2020 - 19:07 WIB
Tukang Bangunan di Pinrang Temukan Patung Mirip Manusia saat Gali Tanah
Penemuan patung mirip manusia di Pinrang, Sulawesi Selatan. (Foto: iNews.id/Ichsan Anshari)

PINRANG, iNews.id – Seorang tukang bangunan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan menemukan sebuah patung saat menggali tanah. Patung berbentuk manusia itu diduga benda purbakala dari peninggalan masa lampau.

Tukang bangunan yang menemukan patung itu adalah Syahdan. Dia sedang menggali pondasi pembangunan rumah di Jalan Melati, Kecamatan Wattang Sawitto, Kabupaten Pinrang pada Sabtu (8/2/2020).

“Waktu menggali itu seperti ada batu yang menghalangi,” kata Syahdan.

Patung berbentuk manusia itu ditemukan Syahdan di kedalaman 2 meter. Saat menggali tanah, dia merasakan ada batu berukuran besar yang menghalangi proses penggalian.

Kemudian dia memanggil rekan sesama tukang bangunan untuk membantu menggali. Saat penggalian diteruskan, diketahui ternyata batu besar tersebut adalah sebuah patung.

Menurutnya, butuh 4 orang untuk mengangkat patung yang ditaksir seberat 200 kilogram itu dari dalam tanah.

“Tingginya sekitar 120 cm,” katanya.

Penemuan patung ini belum dilaporkan pemilik lahan yang akan dibangun rumah itu kepada polisi. Namun penemuan itu telah tersebar luas ke warga, hingga sejumlah orang mulai ramai datang ke lokasi untuk melihat patung tersebut.

Salah seorang warga sekitar, Saka mengatakan, lokasi penggalian dahulu adalah sebuah hutan. Baru pada tahun 90-an dibuka untuk dibangun perumahan dan jalan. Dia juga tidak pernah mendengar ada peninggalan kerajaan di lokasi itu.


Editor : Reza Yunanto