Tol Cikampek Kerap Macet, Pemerintah Akan Tambah Lajur di Tol Cipali

Aditya Pratama ยท Senin, 23 Desember 2019 - 17:56 WIB
Tol Cikampek Kerap Macet, Pemerintah Akan Tambah Lajur di Tol Cipali
Kondisi arus mudik di Tol Cipali jelang libur Natal dan tahun baru. (Foto: iNews/Yudi Heryawan Juanda).

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah akan menambah lajur di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat untuk mengatasi kemacetan yang kerap mewarnai Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kemacetan di ruas bebas hambatan itu tak berkurang meski pemerintah sudah membangun Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, solusi jangka panjang sudah disiapkan pemerintah untuk mengatasi kemacetan tersebut yaitu dengan menambah jumlah lajur di Tol Cipali.

"Nanti (Tol) Cipali harus empat lajur, itu sudah direncanakan, ini kan dari (Jakarta-Cikampek) tiga lajur di bawah dua di atas, masuk Cipali kan nanti jadi dua, itu yang bikin macet," ujar Basuki di kantornya, Senin (23/12/2019).

BACA JUGA:

Tol Layang Jakarta-Cikampek Macet, YLKI Desak Pemerintah Evaluasi Manajemen Lalu Lintas

Tol Jakarta-Cikampek Kerap Macet, Pemerintah Akan Tambah Lajur Tol Cipali

Basuki menuturkan, pembangunan lajur tambahan di Tol Cipali diharapkan dimulai pada 2020 mendatang. Nantinya, Tol Cipali menjadi delapan lajur dengan rincian masing-masing bagian terdapat empat lajur.

"Kalau enggak (dibangun empat lajur) ya macet kan, karena ini di sini sudah banyak, di sana masuknya cuma dua," ucap Basuki.

Menurut Basuki, rencana itu muncul setelah pihaknya melakukan diskusi dengan berbagai pihak terkait cara mengatasi kemacetan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Kira-kira waktu kita diskusi itu, nah ini sudah direncanakan untuk menjadi dilebarkan menjadi empat lajur lagi di sana (Cipali)," kata dia.


Editor : Kastolani Marzuki