THR dan Gaji ke-13 ASN di Sulsel Sudah Tersedia, Kemungkinan Dibayarkan H-20 Lebaran

Sindonews, Syachrul Arsyad ยท Rabu, 15 April 2020 - 02:55 WITA
THR dan Gaji ke-13 ASN di Sulsel Sudah Tersedia, Kemungkinan Dibayarkan H-20 Lebaran
Ilustrasi PNS. (Foto: Dok Setkab).

MAKASSAR, iNews.id - Tunjangan hari raya untuk aparatur sipil negara (ASN) jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah disiapkan. Anggaran tersebut kemungkinan akan dicairkan pada hari ke-10 Ramadan.

Kepala Bidang Perencanaan Anggaran Daerah BKAD Sulsel, Sakura mengatakan, jadwal pencairan resminya memang belum pasti. Masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat melalui kementerian keuangan.

"Belum ada jadwal memang, karena menunggu petunjuk teknis dan kebijakan dari pemerintah pusat. Tapi biasanya hari ke 10 Ramadan dibayarkan," kata Sakura di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (15/4/2020).

Menurut dia, perhitungan ini mengacu pada kebiasaan pencairan anggaran pada tahun-tahun sebelumnya, THR ASN dibayarkan pada H-20 lebaran atau hari ke-10 Ramadan.

Tidak hanya THR, Pemprov Sulsel juga telah mengalokasikan gaji ke-13 PNS. Namun kebijakan atas sistem dan mekanisme pencairannya, turut menunggu petunjuk teknis dari pusat.

Untuk gaji ke-13, kata Sakura, merupakan gaji tambahan yang biasanya dipakai ASN untuk membayar biaya sekolah anak-anak. Makanya, pencairannya menjelang tahun ajaran baru sekolah. 

"Sementara gaji ke-13 menyesuaikan pembayaran SPP anak sekolah," tukasnya.

Sakura menyebut, alokasi anggaran yang disiapkan untuk pembayaran gaji ke-13 dan THR sebesar Rp200 miliar lebih. Dengan rincian, sekitar Rp115 miliar untuk gaji ke-13, sedangkan THR berkisar Rp114,8 miliar.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal